PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN METODE KARYA WISATA SISWA KELAS X SMK CENDANA PADANGPANJANG

Megasari Martin Lydia Ramadani

Sari


Hasil penelitian menunjukan kemampuan siswa kelas X TKJ 2 SMK Cendana Padangpanjang pada kelas kontrol secara umum mendapatkan rata-rata nilai 78,14 mendapat kualifikasi baik. Pada aspek diksi nilai rata-rata 75,30 dengan kualifikasi baik. Pada aspek pengimajinasian nilai rata-rata 87,65 dengan kualifikasi baik sekali. Pada aspek kata konkret nilai rata-rata 97,53 dengan kualifikasi sempurna. Pada kelas eksperimen secara umum mendapat nilai rata-rata 88,93 dengan kualifikasi baik sekali. Pada aspek diksi, nilai rata-rata 96,42  dengan kualifikasi sempurna. Pada aspek pengimajinasian nilai rata-rata 95,66  dengan kualifikasi sempurna. Pada aspek kata konkret nilai rata 100 dengan kualifikasi sempurna. Pengujian hipotesis menunjukkan, besar an t hitung 3, 64781 dan t tabel 1.67356. Hal ini berarti tolak H0, tetapi terima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode karyawisata terhadap kemampuan menulis puisi siswa SMK Cendana Padangpanjang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayana, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Istarani, Djamarah, Rostiyah N.K, dkk. 2014. Kumpulan 40 Metode Pembelajaran. Medan: Media Persada.

Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia. 2016. Volume 3 Nomor 1 April 2018. E-Issn 2580-4766 P-Issn 2443-3918. 53-54. Diakses 6 Desember 2023 file:///C:/Users/INDAH/Documents/Downloads/3745-8904-1-PB%20(2).pdf

Kosasih, E. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Martin, Megasari dan Mimi Sri Irfadila. 2021. Hubungan Media Gambar Gerak terhadap Kemampuan Menulis Puisi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia FKIP UM Sumbar. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol 8 No.2 ISSN:2655-8475. Diakes 6 Desember 2023.

https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/view/2997.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Gadjah Mada Uniersity Press: Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Peneliian Pendidikan. Bandung:Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v10i2.5085

Article Metrics

Sari view : 53 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter