OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PERANCANGAN DAN PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MELALUI PENDAMPINGAN DI MAN 3 PAYAKUMBUH
Sari
Penelitian ini, bertujuan untuk menganalisis melalui Lesson Study untuk peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan Model Project Based Learning pada MAN 3 Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Penelitian ini dilaksanakan mengunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri dari dua siklu. Setiap siklus terdiri dari; perencanaan, tindakan, refleksi, dan evaluasi. Dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2021/2022 dari September sampai dengan Desember 2021. Data diolah pada setiap siklus kemudian dianalisis menggunakan prosentase. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah partisipatif dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan Model Project Based Learning madrasah binaan. Ini terbukti dari hasil yang peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP dari 59,25% prasiklus menjadi 82,25% pada siklus I dan 85,7% pada siklus II. Implikasi dari penelitian ini adalah melalui melalui Lesson Study untuk peningkatan kompetensi guru dalam mengintegrasikan menerapkan Model Project Based Learning pada MAN 3 Kota Payakumbuh, Sumatera Barat yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
_________.2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, Ngalim.2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rusman. (2012). Seri Manajemen Sekolah Bermutu, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sadulloh, Uyoh, dkk. 2011. Pedagogik. Bandung. Alfabeta.
Susilo, H, dkk. 2011. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Bayumedia
Usman, Moh. Uzer. 1994. Menjadi Guru Professional. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v10i2.4862
Article Metrics
Sari view : 71 timesPDF - 32 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-