PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMK NEGERI 1 KOTO BARU TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Sari
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang meneliti tentang
bagaimana guru menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran di
kelas dengan maksud dapat meningkat kualitas pembelajaran yang dilakukan di
kelas dan evaluasinya dilakukan melalui kegiatan supervisi kepala sekolah di kelas
saat pembelajaran. Kegiatan penelitian tindakan sekolah ini dilakukan di SMK
Negeri 1 Koto Baru selama 3 bulan yaitu mulai bulan Juli sampai dengan Oktober
2023 dengan melalui tahapan-tahapan siklus. Tujuan dari penelitian tindakan
sekolah (PTS) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana supervisi yang dilakukan
oleh kepala sekolah yang diikuti dengan pemberian pembinaan/perlakuan
terhadap guru-guru sasaran dapat meningkatkan kompetensi guru tersebut dalam
menerapkan media pembelajaran di kelas. Dalam penelitian tindakan sekolah
(PTS) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti
dapat meningkatkan kompetensi guru dengan mencapai standar ideal. Pada siklus
I peningkatan kompetensi guru setelah dilakukan supervisi kelas setelah dilakukan
pembinaan tentang pemanfaatan media pembelajaran baru mencapai sekitar 62, 5
% pada siklus II, dapat meningkat menjadi 85.94 %. Peningkatan dari data awal ke siklus I sebesar 28. 12% dan meningkat pada siklus II menjadi 85. 94 % berarti ada peningkatan sebesar 23.44% dan dari data awal ke siklus 2 adalah 51.56% . Hasil penelitian tindakan sekolah ini menunjukkan bahwa pembinaan kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran pada proses pembelajarannya.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abrari Rusyan.1989.Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja.
Arifin, Mulyati,1995. Pengembangan program pengajaran bidang studi IPS Surabaya: Airlangga University Press.
Arikunto Suharsimi,2007.Penelitian Tindakan Kelas .Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Arsyad, Ashar. 1996. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dahar,Ratna,Willis,1989.Teori teori belajar.Jakarta : Erlangga
_______________.2007.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : PT.Bumi Aksara
Depdiknas RI,2004.Undang Undang No 20 tentang sistem pendidikan nasional (SISMPIKNAS ) Jakarta : Depdiknas.
Dahar, Ratna Wilis. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta : Dirjen Dikti P2LPTK Depdikbud.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Djamarah dan Zein, (1994). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sardiman, A. M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrasindo Persada.
Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Kanisius.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta. Sudjana, 1998. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Barn Algesindo. Bandung.
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v10i2.4861
Article Metrics
Sari view : 100 timesPDF - 55 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-