PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENULIS CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BUKITTINGGI

RATNA SARI DEWI POHAN

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan pendekatan Kontekstual dalam peningkatan kemampuan menulis cerpen di kelas VII SMP Negeri 8 Bukittinggi. Pengambilan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan test unjuk kerja.
Analisis data, disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerpen dalam mempergunakan alur/plot cukup, (63,77). Kemampuan siswa menampilkan tokoh baik sekali (87,69). Kemampuan siswa memperhatikan penggunaan latar/setting cukup, (56,15). Kemampuan rata-rata menulis cerpen secara umum tergolong lebih dari cukup ( 74,77). Terdapat peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa karena sebelum penggunaan, rata-rata 57.
Kata Kunci: cerpen, pembelajaran kontekstual

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual. Padang: UNP Padang.

Hakiim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung. CV Wacana

Prima.

Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.

Margono, S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis.

Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta:

PT Bumi Aksara.

Subana, M dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.

Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan.

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugihastuti dan Suharto. 2010. Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v2i18.466

Article Metrics

Sari view : 206 times
PDF - 425 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter