PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENULIS CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BUKITTINGGI
Sari
Analisis data, disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerpen dalam mempergunakan alur/plot cukup, (63,77). Kemampuan siswa menampilkan tokoh baik sekali (87,69). Kemampuan siswa memperhatikan penggunaan latar/setting cukup, (56,15). Kemampuan rata-rata menulis cerpen secara umum tergolong lebih dari cukup ( 74,77). Terdapat peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa karena sebelum penggunaan, rata-rata 57.
Kata Kunci: cerpen, pembelajaran kontekstual
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual. Padang: UNP Padang.
Hakiim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung. CV Wacana
Prima.
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
Margono, S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis.
Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta:
PT Bumi Aksara.
Subana, M dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.
Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan.
Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugihastuti dan Suharto. 2010. Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v2i18.466
Article Metrics
Sari view : 214 timesPDF - 433 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-