PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERINTEGRASI ISLAM UNTUK SISWA SMP DAN MTS

Yendrita Sri Nengsi Opi Rahmah Hidayat, N Rahma

Sari


Modul merupakan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Pada kenyataannya, belum ada modul yang dikembangkan berintekgrasi nilai isla di SMP Cahaya Islam. Selama ini hanya ada LKS dan buku pendamping.  Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul Biologi terintekgrasi nilai - nilai Islam pada materi pencemaran untuk siswa kelas VII SMP/MTs yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D, define, design, develop dan deseminate. Karena keterbatasan waktu dan tenaga, maka modul yang dikembangkan ini hanya pada materi pencemaran untuk siswa kelas VII SMP/MTS. Selanjutnya penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap yaitu define,design dan develop. Validasi modul dilakukan oleh 3 orang validator,dengan  menggunakan lembar validasi dan melihat kepraktisan modul menggunakan angket respon guru dan respon siswa. Hasil analisis data untuk validasi modul diperoleh hasil sebesar 87,73% dengan kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan modul berdasarkan pengisian angket oleh guru diperoleh rata - rata persentase sebesar 91,25% dengan kriteria sangat praktis. Hasil kepraktisan modul berdasarkan pengisisan angket oleh siswa diperoleh rata- rata persentase sebesar 89,20% dengan kriteria sangat praktis Simpulan dari penelitian ini adalah modul Biologi terintegrasi nilai - nilai Islam yang dikembangkan memiliki kualitas yang valid dan praktis digunakan oleh guru dan siswa, sehingga sangat layak untuk digunakan sebagai modul Biologi pada materi Pencemaran Lingkungan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Haviz, M. 2013. Penelitian Di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Ta’dib, (Online), Vol 16. No 1. (diakses tanggal 10 November 2016).

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Lufri, et al. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Maret, Ervina. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Topik Limit Fungsi Aljabar Pada Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan MIPA, (Online), Vol.1, No.2, (http://ikippgrimadiun.ac.id /pdf., diakses 26 Juli 2017)

Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nelvi. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi SistemEkresi Untuk SMA/MA Kelas XI Semester II. Skripsi tidak diterbitkan.

Pujiyanto, Sri. (2008). Dunia Biologi 1. Jakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tim Puslitjaknov, (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Departemen Pendidikan Nasional: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan.

Rahmi Yunita, (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bernuansa Karakter Pada Materi Sistem Gerak Untuk Siswa Smp Kelas VIII. Skripsi tidak diterbitkan. Padang : Universitas Negeri Padang.

Wahyuningsih, Hepi. (2009). Validitas Konstruk Alat Ukur Sprituality Orrientation Inventory (SOI),

Jurnal Psikologi (Online), Vol36. No. 2, (diakses tanggal 3 Juli 2017) Zubaedi,M.Pd.2011.Desain Pendidikan Karakter.Jakarta: Kencana.

Wijayanto, M. E. (2020). the Integration of Islamic Values in Implementation of Learning

English: Islamic Education Students Perspective. ETERNAL (English, Teaching, Learning, and Research Journal), 6(1), 18. https://doi.org/10.24252/eternal.v61.2020.a2

Asyhar, R., Afrida, & Widiastiningsih, R. (2015). Pengembangan E-Modul menggunakan Software 3D Pageflip Professional untuk Pembelajaran Ikatan Kimia Kelas X SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 7(1), 18–24.

Ataji, H. M. K., Sujarwanta, A., & Muhfahroyin, M. (2022). Pengembangan Modul Materi Virus Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis E-Learning dan QR Code. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 166–183. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.2985

Maulidatul, A., Ismail, I., & Mukhlishoh, S. (2020). Pengembangan Modul Biologi Terintegrasi Nilai Islam Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. BIOEDUCA : Journal of Biology Education, 1(1), 17. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v1i1.4951

Suarez, L. Y. T. (2015). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 1, 1–27.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v10i1.4487

Article Metrics

Sari view : 206 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter