KONTRIBUSI INTELIGENSI DAN PERSEPSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TEKNIK KOMPUTER AMIK KOSGORO SOLOK
Sari
Intelegensi, persepsi dan prestasi belajar selalu menjadi perhatian banyak pihak baik dari kalangan pendidikan maupun masyarakat luas. Tingkat inteligensi dan persepsi mahasiswa tentang staf pengajar diduga merupakan dua faktor yang berkontribusi terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya kontribusi inteligensi dan persepsi mahasiswa tentang staf pengajar terhadap prestasi belajar.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tiga hipotesis yang diuji: pertama, inteligensi memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar, kedua, persepsi tentang staf pengajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar, ketiga, secara bersama-sama inteligensi dan persepsi mahasiswa tentang staf pengajar berkontribusi terhadap prestasi belajar.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Teknik Komputer Diploma III, 30 orang ditetapkan dengan teknik stratified proportional randum sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes inteligensi. Uji coba dilakukan kepada 30 orang. pengukuran validitas instrumen dengan menggunakan Kolerasi Product Moment, dengan 96 butir dinyatakan layak digunakan. Untuk mengukur tingkat reliabilitas dilakukan dengan teknik Alpha Cronbach dan dinyatakan memiliki tingkat kehandalan yang tinggi. Analisis uji coba menggunakan bantuan Program Analisis Statistik yang dikemas dalam Software Monas Versi 3.0 @ 1990 (Nasrullah Aziz).Uji persyaratan analisi dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Sedangkan untuk pengujian hipotesis pertama dan kedua digunakan teknik kolerasi dah regresi linier sederhana, sedangkan untuk hipotesis ketiga digunakan teknik korelasi ganda dan regresi. Kemudian untuk mengukur tingkat pencapaian digunakan teknik korelasi parsial.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) inteligensi berkonbutribusi terhadap prestasi belajar frekuensi Intelegensi (X1) dikemukakan bahwa intelegensi mahasiswa di Teknik Komputer Diploma III di AMIK Kosgoro termasuk dalam kategori cerdas (118,421), (2) persepsi mahasiswa tentang staf pengajar tidak memberikan kontribusi yang berarti terhadap prestasi belajar karena persepsi skor terendah 215, skor tertinggi 389, skor rata-rata (mean) 326.829, simpangan baku 34,951, median 330,000 dan modus 332,750 dan (3) inteligensi dan persepsi mahasiswa tentang staf pengajar secara bersama-sama berkontribusi terhadap prestasi belajar dalam kategori cukup (2,377).
Teks Lengkap:
Tidak berjudulReferensi
AMIK Kosgoro. (2018). Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir. Solok : AMIK Kosgoro
¬Anastasi, Anne. (1982). Psychological Testing. New York: Mc. Milian Publishing Co.Inc.
Bakaruddin. Persepsi Mahasiswa dan Dosen Dalam Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan di Jurusan Geografi, Padang UNP
Burton, W.H. (1952). The Guidance Of Learning Activities. New York : Appletion-Century Inc.
Cochran, W.G.(1997). Sampling Techiques, New Delhi : ccEastern Private Limited
Echols, Jhon.M dan Sadily,Hasan. (1984). Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia.
Filmawati. (2001). Kontribusi Motivasi dan Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Bukittinggi. Padang :Theses.
Jalaludin Rahmat. (1985) Psikologi Komunikasi. Remaja Karya: Bandung.
Kartono,Kartini.(1996). Psikologi Umum. Bandung.
Mahmud, Dimyati M. (1989). Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta : dirjen Dikti Depdikbud.
Marriati, Linda. (2001), Kontribusi Persepsi Siswa Tentang Sekolah Menengah Kejujuran Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Gambar Estetis ( Studi di SMK Negeri 8 Padang). Thesis: Padang.
Nusa, Putra. (2002). Kontribusi Intelegensi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjaskes Siswa SLTP Negeri 4 Sungaai Pagu Kabupaten Solok. Thesis:Padang.
Rahayu, Titik. (2002). Kontribusi Persepsi Siswa Tentang Perpustakaan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Man Model Magelang, Thesis : Padang.
Rochnawati, Ida.(1992). Hubungan Antara Sikap Dengan Prestasi Belajar Penataa Dan Pelayanan Makanan I Mahasiwa Jurusan PKK FPTK IKIP Padang. Skripsi.UNP Padang.
Slameto.(1988). Evaluasi Pendidikan. Jakart : Bima Aksara.
Soemanto, Wasty.(1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, (1982). Metode Stastistik. Bandung : Transito.
Sugiyono, (2001). Metode Penelitian Admintrasi. Bandung : CV Alfabeta.
Sukamto, (1988) .Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti Proyek P2LPTK.
Sukardi, Dewa Ketut. (1991). Analisis Tes Psikologis. Jakarta : Rineka Cipta.
Suryabrata, Sumadi. (1991). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali.
Suryabrata, Sumadi, (1984). Psikologi pendidikan. Jakarta : CV. Rajawali.
Tuckman, Bruce W. (1978).Conducting Educational Research. New York : Harcourt Brace Jovanovich Publisher.
Whitherington, (1991) Alih bahasa M.Buchori, Psikologi Pendidikan Jakarta : Rineka Cipta.
Winkel,W.S.(1984). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Yogyakarta : Yayasan Pancasila.
https://www.google.com/search?q=intelegensi&rlz yang diunggah 13 Mei 2022
ensiklopedia bebas wikipedia.org https://id.wikipedia.org › wiki › Persepsi
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v10i1.4461
Article Metrics
Sari view : 137 timesTidak berjudul - 68 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-