IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA MUHAMMADIYAH PADANGPANJANG

Mimi Sri Irfadila Megasari Martin, Sarah Samosir Indah Wulandari

Sari


Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan proses implementasi model pembelajaarn berbasis proyek pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah Padangpanjang. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Padangpanjang yang berjumlah 35 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan instrument kuisioner, lembar observasi, dan tes untuk mengukur hasil belajar. Indikator yang digunakan dalam angket terkait aspek kreativitas, pengetahuan, dan hasil belajar. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif berbantuan SPSS ver.26. Hasil Penelitian  persamaan yang ditafsirkan dari analisis SEM digambarkan bahwa persamaan yang diperoleh terdapat pengaruh positif variabel kreativitas dan pengaruh negatif variabel pengetahuan dan hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kosasih, E. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: YaramaWidya

Lapase, M. H. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Pinedapa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 134. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3492

Manggala, D. K. D., & Nugraha, I. N. P. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jurnal Teknik Elektronika…, 7(4), 2005–2012. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1757

Mugianto. (2017). Teks Laporan Hasil Observasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa Kelas X SMA. Jurnal Ilmu Budaya, 1(4), 356. http://dx.doi.org/10.30872/ilmubudaya.v1i4.769

Putra, Jusmaya, A., & Eka, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berorientasi Project Based Learning Berbasis ICT. Komposisi : Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra Dan Seni FBS Universitas Negeri Padang, XVIII(2), 179–196.

Sultan, U. I. N., & Hasanuddin, M. (2018). Urgensi Analisis Kebutuhan dalam Redesain Silabus Pembelajaran Bahasa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 1–14.

Wicaksana, E. J., & Sanjaya, M. E. (2022). Model PjBL pada Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 193. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41181

Yuliyawati, S. N. (2022). Analisis Kebutuhan Mahasiswa pada Materi dan Metode Pembelajaran Proposal serta Tata Tulis Ilmiah untuk Pengembangan RPS. 14(2), 107–116. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i2.1687




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v10i1.4460

Article Metrics

Sari view : 198 times
PDF - 843 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter