IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA MUHAMMADIYAH PADANGPANJANG
Sari
Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan proses implementasi model pembelajaarn berbasis proyek pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah Padangpanjang. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Padangpanjang yang berjumlah 35 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan instrument kuisioner, lembar observasi, dan tes untuk mengukur hasil belajar. Indikator yang digunakan dalam angket terkait aspek kreativitas, pengetahuan, dan hasil belajar. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif berbantuan SPSS ver.26. Hasil Penelitian persamaan yang ditafsirkan dari analisis SEM digambarkan bahwa persamaan yang diperoleh terdapat pengaruh positif variabel kreativitas dan pengaruh negatif variabel pengetahuan dan hasil belajar
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Kosasih, E. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: YaramaWidya
Lapase, M. H. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Pinedapa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 134. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3492
Manggala, D. K. D., & Nugraha, I. N. P. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jurnal Teknik Elektronika…, 7(4), 2005–2012. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1757
Mugianto. (2017). Teks Laporan Hasil Observasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa Kelas X SMA. Jurnal Ilmu Budaya, 1(4), 356. http://dx.doi.org/10.30872/ilmubudaya.v1i4.769
Putra, Jusmaya, A., & Eka, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berorientasi Project Based Learning Berbasis ICT. Komposisi : Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra Dan Seni FBS Universitas Negeri Padang, XVIII(2), 179–196.
Sultan, U. I. N., & Hasanuddin, M. (2018). Urgensi Analisis Kebutuhan dalam Redesain Silabus Pembelajaran Bahasa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 1–14.
Wicaksana, E. J., & Sanjaya, M. E. (2022). Model PjBL pada Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 193. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41181
Yuliyawati, S. N. (2022). Analisis Kebutuhan Mahasiswa pada Materi dan Metode Pembelajaran Proposal serta Tata Tulis Ilmiah untuk Pengembangan RPS. 14(2), 107–116. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i2.1687
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v10i1.4460
Article Metrics
Sari view : 198 timesPDF - 843 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-