EMOSI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SEGALA YANG DIISAP LANGIT KARYA PINTO ANUGRAH SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Sari
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengidentifikasi, mengklasifikasikan, menganalisis dan menggambarkan emosi tokoh utama dalam novel Segala yang Diisap Langit Karya Pinto Anugrah. Pendekatan ini yang digunakan adalah Psikologi Sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualilatif dengan analisis struktural. Analisis data yang dilakukan dengan mencari data dinamika emosi melalui dialog, kalimat, paragraf atau narasi dalam novel. Penelitian ini menggunakan teori klasifikasi emosi oleh Krech (1969). Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang utama Karakter dalam novel Segala yang Diisap Langit memiliki semua klasifikasi emosi, seperti primer emosi yang terdiri dari kegembiraan, kemarahan, ketakutan, kesedihan. Emosi yang berkaitan dengan stimulasi sensorik terdiri dari rasa sakit, jijik, nikmat. Emosi yang berkaitan dengan penilaian diri terdiri dari perasaan keberhasilan dan kegagalan, kebanggaan dan rasa malu, rasa bersalah dan penyesalan. Emosi yang berkaitan dengan orang lain orang terdiri dari cinta dan benci. Emosi ditunjukkan melalui kata-kata, perilaku, percakapan, dan tindakan tokoh utama. Dalam konteks pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA, novel Segala yang Diisap Langit karya Pinto Anugrah dapat dijadikan bahan ajar materi novel dengan membahas isi, struktur dan kebahasaan dalam novel.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Al-Ma’ruf, A., & Nugrahani, F. (2017). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi (K. Saddhono (ed.)). Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.
Anugrah, Pinto. (2021). Segala yang Diisap Langit. Jakarta: Bentang Pustaka. Endrawara, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: MedPress.
Harini, Konti. (2020). Klasifikasi Emosi Tokoh Sari dalam Novel Perempuan Bersapur Merah Karya Intan Andaru: Kajian Psikologi Sastra. Skripsi Universitas Airlangga. https://repository.unair.ac.id/100855/4/4.%20BAB%20I%
Kreech, David. (1974). Element Of Psychology. New York: Alfred A Kopf.
Melati, Krisma Inka & Ekarini Sarswati. 2021. Emosi Tokoh Utama Dalam Novel Bara Surat Terakhir Seorang Pengelana Kajian Behaviorisme.Jurnal KODE: Jurnal Bahasa, Vol 4, 2021. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/30771
Minderop, Albertine. (2010). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Prawira, S. D. (2018). Karakter Tokoh Utama Pada Novel Entrok Karya Okky Madasari (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1. https://doi.org/10.25139/fn.v1i1.1092
Sarwono, S. W. (2012). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Siswanto,
Siswanto, Wahyudi. (2013). Pengantar Teori Sastra. Malang: Aditya Media Publishing.
Wade & Tavris. (2007). Psikologi, 9th Ed. Jakarta: Erlangga.
Wahyudi. (2008). Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v10i1.4459
Article Metrics
Sari view : 682 timesPDF - 938 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-