PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM KONTEKS ENGLISH FOR SPESIFIC PURPOSE (ESP) DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT
Sari
Pembelajaran bahasa inggris dalam konteks English for Specific Purpose (ESP) untuk mahasiswa di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat adalah menjadi salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa yang bukan berasal dari prodi pendidikan Bahasa Inggris. Bahasa asing tersebut adalah bahasa Inggris. Pembelajaran bahasa Inggris dengan tujuan tertentu merupakan bidang pengajaran bahasa Inggris untuk membantu mahasiswa untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan bahasa asing pada jurusan mereka. Dengan pengajaran bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, diharapkan mahasiswa mampu mengkaji keilmuan dalam bidang studi yang berhubungan dengan bahasa Inggris dan mampu mengikuti perkembangan globalisasi dunia yang menuntut seseorang dapat menguasai bahasa asing.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alisjahbana, Sutan Takdir. (1990). The teaching of English in Indonesia. Dalam James Britton, Roberts E.Syeffer and Ken Watson (Eds.). Teaching and Learning English Worldwide. hal: 315- 327. Multilingual Matters: Philadelphia.
Alwasilah, A. Chaedar. (2005). “Ada Apa dengan Ilmu Bahasa?”. Pikiran Rakyat (12 Maret 2005).
Arsyad, Azhar. (2008). Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bayu, E. P. S., & Meilisa, M. (2019). Studi Kasus Kesulitan Guru SD Pada Mata Pelajaran Matematika. THEOREMS (THE jOuRnal of mathEMatics), 4(1), 46-53.
David Crystal, (1997). English as a global language. Cambridge: Cambridge University Press,
Gagne, Robert. (1979). Principle of Instructional Design, Hoit: Rinehart and Winton.
Hutchinson T. & A. Waters (1987) English for Specific Purposes: A learningCentred Approach, Cambridge: Cambridge university Press.
Nunan, David. (2003). Practical English Language Teaching. New York: McGraw-Hill.
Richards, Jack C & Theodore S. Rodgers, ( 2000). Approaches and Methods in Language Teaching, UK: Cambridge University Press.
Spradley, James P. (1997). Metode Etnografi, Yogyakarta: Tiara Wacana.
Subana dan Sunarti (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Syandri, Gusmaizal. (2015:5) A Case Study on the Used of Visual Media in English Instructional Process at State Islamic Secondary School 1 Malang. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) e-ISSN: 2320–7388,p-ISSN: 2320–737X Volume 5, Issue 4 Ver. I (Jul - Aug. 2015), PP 46-56 www.iosrjournals.org
Tomlinson, B. (1998). Materials Development in Language teaching, Cambridge: Cambridge University Press.
Zuliati Rohmah, (2015) . “English as global Language”, Journal Bahasa dan Seni, (Universitas Negeri Malang).
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v10i1.4458
Article Metrics
Sari view : 240 timesPDF - 2287 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-