NEED ANALYSIS IN CURRICULUM MATERIALS DEVELOPMENT(CASE STUDY IN EDUCATION PROGRAM STUDY AT MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF SUMATERA BARAT)
Sari
Pengumpulan informasi kebutuhan menjadi salah satu syarat dalam pengembangan bahan ajar (first step), dan penentu dalam memberikan layanan yang sesuai untuk mempersiapkan pengetahuan global yang bersifat implementatif, pengetahuan itu tidak hanya berupa ilmu tapi muatan nilai yang menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas bagi seorang peserta didik dan guru yang terukur secara ilmiah dan sistematis dalam pelaksanaanya. Kajian ini lebih dikenal dengan analisis kebutuhan (need analysis) pada lingkaran pengajaran yang sesuai dengan permintaan peserta didik. Brown J.D (1995: 35) Meskipun pembahasan ini sudah lama namun perubahan dan perkembangan informasi teknologi membuat kebutuhan peserta didik bersifat statis, sehingga kajian kajian kebutuhan pengembangan materi kurikulum akan selalu baru karena perbedaan kebutuhan yang cendrung berkembang dan berubah. Objek penelitian ini adalah bagaimana memilih topik-topik pembelajaran yang kekinian (up-to-date) sesuai dengan pilihan mereka dalam pengembangan bahan ajar. Penelitian ini lebih bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data secara kolektif menggunakan google form pada peserta didik. Adapun topik yang menarik untuk dikembangkan dalam bahan ajar sebagai berikut; Muhammadiyah history, Muhammadiyah movement types, Muhammadiyah business, politics, traditional games, and Muhammadiyah figures. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemilihan topik pembelajaran ada enam topik yang akan dikembangkan dalam pembelajaran, sehingga ini menjadi salah satu rekomendasi dalam pegembangan materi kurikulum.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Brown, James. Dean. 1995. The Element of Language Curriculum. USA: Heinle and Heinle Publishers.
Creswell, John .W. 2009. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Inayah Arin dan Mulyati. Tri. 2021. Need analysis of English textbook based on Addie Model.. Journal Linguistik terapan dan pendidikan bahasa Inggris. Vol. 8. No. 1 Juli 2021.
Manurung, Konder. 2017. Designing Instructional materials. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Tanggal 16 September 2017, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Paru: Untad Press.
Richard and Jack.C: 2001. Curriculum Development in Language Teaching . New York. Cambridge press.
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v10i1.4457
Article Metrics
Sari view : 90 timesPDF - 188 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-