ANALYSING A MULTIPLE-CHOICE TEST TO FIND OUT THE ITEM FACILITY (IF), THE ITEM DISCRIMINATION (ID) AND THE DISTRACTOR EFFICIENCY

Sri Ariani Rini Hendrita

Sari


Makalah ini bertujuan untuk menganalisa sebuah perangkat test atau ujian yang populer digunakan sebagai penilaian kelas terutama di kelas berukuran besar yaitu tes pilihan ganda. Tes pilihan ganda yang akan dianalisis dalam makalah ini adalah tes yang digunakan pada ujian akhir semester bahasa Inggris untuk siswa SMA kelas sebelas yang digunakan pada semester pertama. Tes ini dibuat oleh tim guru yang mengajar di lima SMA negeri di satu kota di Indonesia dan telah digunakan sebagai ujian akhir untuk lima sekolah ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui Item Facility (IF), Item Discrimination (ID) dan Distractor Efficiency dari tes tersebut. Setelah melihat pembedaan butir soal tes ini, ternyata ada beberapa butir soal yang menunjukkan ketidakjelasan atau bahkan jawaban yang dinyatakan oleh guru tidak benar. Ini dapat mempertanyakan validitas soal tes. Oleh karena itu tes pilihan ganda sebaiknya tidak digunakan sebagai alat tunggal untuk menilai kemampuan siswa karena hasil yang diberikan kurang valid, otentik, dan memberikan umpan balik yang tepat bagi guru dimana hal ini merupakan prinsip terpenting dalam melakukan penilaian. Kata Kunci: item facility, item discrimination and the distractor efficiency

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Bachman, Lyly F & Palmer, A.S. 2009. Language Testing in Practice: Designing and Developing useful Language tests. New York. Oxford University Press

Brown, H. Douglas & Priyanvada Abeywickrama. 2019. Language Assessment, Principles and Classroom Practice, third edition. New York: Pearson Education

Chandio, Muhammad Tufail & Saima Jafferi. 2015. ‘Teaching English as a Language not Subject by Employing Formative Assessment’ Journal of Education and Educational Development Vol. 2 No.2

Clark, Tony. 2020. Lessons and Legacy: A Tribute to Professor Cyril J Weir. Cambridge: Cambridge University Press.

Cyril J. Weir. 1990. Communicative Language Testing. London. Prentice Hal.

Hughes, Arthur & Jake Hughes. 2020. Testing for Language Teacher, third edition. Cambridge: Cambridge University Press.

Lou, Kaizhou & Jiayu Wang. 2021. Validity Arguments in Language Testing. Case Studies of Validation Research. Language Assessment Quarterly. Cambridge: Cambridge University Press.

Marhaeni. A.A.I.N et all. 2014. Toward Authentic Language Assessment: A Case in Indonesia EFL Classroom. The European Conference on Language Leaning.

Ojung. J & Allida. D. 2017. A Survey of Authentic Assessment Used to Evaluate English Language Learning in Nandi Central Sub-County Secondary Schools, Kenya. Baraton Interdicipline Research Journal, 7 (special issue)

O’ Malley, J. Michael & Pierce, Lorraine Valdez.1996. Authentic Assessment for English Langauge Leaners: Practical Approaches for Teachers. Addison-Wesley Publishing Company.

Reynisdottir. B.B. 2016. The Efficacy of Authentic Assessment. University of Iceland




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v9i2.3906

Article Metrics

Sari view : 246 times
PDF - 142 times PDF - 142 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter