PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING/PjBL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA MUHAMMADIYAH PADANGPANJANG
Sari
Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Persepsi Siswa, Project Based Learning
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akihary, W., & Apituley, P. S. (2022). Digital Media-based Quantum Learning: Improving Students’ German Writing, Critical Thinking and Learning Motivation. REiLA : Journal of Research and Innovation in Language, 4(1), 116–131. https://doi.org/10.31849/reila.v4i1.9395
Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519
Daniati, D., Ismanto, B., & Luhsasi, D. I. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 601. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2642
Dewi, P. S. (2021). E-Learning: PjBL Pada Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum dan Silabus. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1332–1340. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/572
Diari, K. P. Y., & Jayawangsa, I. G. A. R. (2019). Strategi Dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Aksara Dan Sastra Bali Di Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya Ke-1 Tantangan Dan Peluang Dunia Pendidikan Di Era 4.0, 43–50. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/dharmaacarya/article/view/564
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118
Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 211–222. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba
Latip, A., Studi, P., Ilmu, P., & Alam, P. (2020). KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI. 1(2), 107–115.
Manggala, D. K. D., & Nugraha, I. N. P. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jurnal Teknik Elektronika …, 7(4), 2005–2012. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1757
Nuryanti, M., Arfiyanti, R., & Muliawati, H. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Sastra Pada Siswa Kelas Viii Smp Se-Kabupaten Cirebon. METASASTRA: Jurnal Penelitian Sastra, 9(1), 53. https://doi.org/10.26610/metasastra.2016.v9i1.53-66
Odeh, A., & Keshta, I. (2022). Impact of COVID-19 pandemic on education: Moving towards e-learning paradigm. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(2), 588–595. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i2.21945
Rachma, E. A., Lamongan, K., & Digital, K. (1978). PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN. x(x), 56–65.
Ramadhan, S., Indriyani, V., Asri, Y., & Sukma, E. (2020). Design of Learning Modules Writing Narrative Text Based on Project Based Learning (PjBL) by Using Mobile Devices. Journal of Physics: Conference Series, 1471(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1471/1/012029
Ramadhan, S., Sukma, E., & Indriyani, V. (2019). Teacher competence in utilizing digital media literacy in education. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012111
Ramadhan, S., Sukma, E., Indriyani, V., Bahasa, F., & Padang, U. N. (2019). Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Dengan Perangkat Seluler Dan Aplikasi Edmodo. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 1565–1572.
Rohana, S. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.441
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829
Samsudin, A., Indonesia, U. P., Liliawati, W., & Indonesia, U. P. (2022). Effectiveness of Project Based Learning Integrated STEM in Physics Education (STEM-PJBL): Systematic Literature Review (SLR). October. https://doi.org/10.21580/phen.2022.12.1.11722
Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif (Issue June).
Triznaroza, T. (2021). Apakah Metode Project Based Learning Dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa di Masa Pandemi Covid-19? Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(3), 214. https://doi.org/10.24036/jbs.v9i3.112410
Wahid, S. M. Al, Kusnadi, D., & Fantiro, F. A. (2020). Persepsi Mahasiswa dalam Penggunaan Ragam Platform Pembelajaran Daring. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(2), 170–178. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.15030
Wayan Rati, N., Kusmaryatni, N., Rediani, N., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 60–71.
Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v9i2.3905
Article Metrics
Sari view : 686 timesPDF - 819 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-