PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING/PjBL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA MUHAMMADIYAH PADANGPANJANG

Mimi Sri Irfadila Megasari Martin

Sari


Seiring dengan banyaknya perubahan paradigma dalam pembelajaran setelah Covid-19, kurikulum di Indonesia juga mengalami perubahan. Karakteristik dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka yang berlaku saat ini adalah memperlihatkan keaktifan siswa daam belajar melalui sejumlah proyek. Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka dibasiskan pada model pemebelajaran berbasis proyek atau disebut juga dengan PjBL. Implementasi dari PjBL ini perlu ditinjau apakah sesuai dengan kebutuhan siswa dan pembelajaran. peneltian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi siswa terhadap implementasi PjBL dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Muhammadiyah Padangpanjang dengan jumlah 30 orang siswa. Metode penelitianyang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata 38% siswa menyatakan sangat setuju bahwa PjBL memberikan pengaruh dan membantu siswa untuk lebih aktif lagi dalam mengikuti pembelajaran.
Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Persepsi Siswa, Project Based Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akihary, W., & Apituley, P. S. (2022). Digital Media-based Quantum Learning: Improving Students’ German Writing, Critical Thinking and Learning Motivation. REiLA : Journal of Research and Innovation in Language, 4(1), 116–131. https://doi.org/10.31849/reila.v4i1.9395

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519

Daniati, D., Ismanto, B., & Luhsasi, D. I. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 601. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2642

Dewi, P. S. (2021). E-Learning: PjBL Pada Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum dan Silabus. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1332–1340. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/572

Diari, K. P. Y., & Jayawangsa, I. G. A. R. (2019). Strategi Dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Aksara Dan Sastra Bali Di Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya Ke-1 Tantangan Dan Peluang Dunia Pendidikan Di Era 4.0, 43–50. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/dharmaacarya/article/view/564

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118

Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 211–222. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba

Latip, A., Studi, P., Ilmu, P., & Alam, P. (2020). KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI. 1(2), 107–115.

Manggala, D. K. D., & Nugraha, I. N. P. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jurnal Teknik Elektronika …, 7(4), 2005–2012. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1757

Nuryanti, M., Arfiyanti, R., & Muliawati, H. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Sastra Pada Siswa Kelas Viii Smp Se-Kabupaten Cirebon. METASASTRA: Jurnal Penelitian Sastra, 9(1), 53. https://doi.org/10.26610/metasastra.2016.v9i1.53-66

Odeh, A., & Keshta, I. (2022). Impact of COVID-19 pandemic on education: Moving towards e-learning paradigm. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(2), 588–595. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i2.21945

Rachma, E. A., Lamongan, K., & Digital, K. (1978). PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN. x(x), 56–65.

Ramadhan, S., Indriyani, V., Asri, Y., & Sukma, E. (2020). Design of Learning Modules Writing Narrative Text Based on Project Based Learning (PjBL) by Using Mobile Devices. Journal of Physics: Conference Series, 1471(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1471/1/012029

Ramadhan, S., Sukma, E., & Indriyani, V. (2019). Teacher competence in utilizing digital media literacy in education. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012111

Ramadhan, S., Sukma, E., Indriyani, V., Bahasa, F., & Padang, U. N. (2019). Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Dengan Perangkat Seluler Dan Aplikasi Edmodo. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 1565–1572.

Rohana, S. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.441

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Samsudin, A., Indonesia, U. P., Liliawati, W., & Indonesia, U. P. (2022). Effectiveness of Project Based Learning Integrated STEM in Physics Education (STEM-PJBL): Systematic Literature Review (SLR). October. https://doi.org/10.21580/phen.2022.12.1.11722

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif (Issue June).

Triznaroza, T. (2021). Apakah Metode Project Based Learning Dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa di Masa Pandemi Covid-19? Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(3), 214. https://doi.org/10.24036/jbs.v9i3.112410

Wahid, S. M. Al, Kusnadi, D., & Fantiro, F. A. (2020). Persepsi Mahasiswa dalam Penggunaan Ragam Platform Pembelajaran Daring. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(2), 170–178. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.15030

Wayan Rati, N., Kusmaryatni, N., Rediani, N., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 60–71.

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v9i2.3905

Article Metrics

Sari view : 686 times
PDF - 819 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter