EKSPLORASI PENGGUNAAN KETERAMPILAN DASAR GURU DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Yendrita Yunita Sabri Jumiati

Sari


Keterampilan dasar mengajar (teaching skill) adalah keterampilan yang khusus (most spesific instructional behaviours) yang harus dimiliki oleh guru, agar dapat melaksanakan tugas sebagai pendidik dan mengajar secara efektif, efisien dan professional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengekplorasi penggunaan keterampilan dasar guru dalam pembelajaran biologi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Geringging. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Geringging yang berjumlah 126 orang yang terbagi dalam 3 kelas, Teknik pengambilan sampel dilakukan secara stratifeid Random Sampling, untuk masing - masing kelas sampel diambil 25 % dari jumlah siswanya.Data dianalisis dengan persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan keterampilan bertanya adalah baik dengan persentase 80,63%, penggunaan keterampilan memberikan penguatan adalah baik dengan persentase 70,45%, penggunaan keterampilan mengadakan variasi adalah baik dengan persentase 74,54%, penggunaan keterampilan menjelaskan adalah sangat baik dengan persentase 85,49%, penggunaan keterampilan membuka dan menutup pelajaran adalah baik dengan persentase 70,99%, penggunaan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil adalah baik dengan persentase 77,27%, penggunaan keterampilan mengelolaan kelas adalah sangat baik dengan persentase 85,60%, penggunaan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan adalah sangat baik dengan persentase 81,06%, penggunaan keterampilan mengembangkan dan menggunakan media adalah baik dengan persentase 66,28%, penggunaan keterampilan mengembangkan ESQ adalah sangat baik dengan persentase 84,09%. Disimpulkan bahwa keterampilan dasar guru dalam pembelajaran biologi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Geringging telah digunakan dengan baik
Kata Kunci : Keterampilan dasar Guru, Pembelajaran Biologi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasibuan, dkk. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lufri, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Jurusan FMIPA Universitas Negeri Padang.

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Uno, Hamzah. 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sundari, S, Mulyawati,Y. 2017. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD. Jurnal PEDAGONAL.1 Vol:1 No:1 Halaman 26-36.

Barus, S, Siagian S, Purba S, 2016. Upaya Keterampilan Dasar Mengajar Guru Melalui Super Visi Klinis Dengan Pendekatan Kolaboratif Di SMK N 1 Brastagi Kabupaten Karo. Jurnal Pendidikan dan Pengawasan Vol:3 No:2 Halaman 16-32.

Zainal A. 2017. Micro Teaching Disertai Dengan Pedoman Pengalaman Lapangan Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v9i2.3900

Article Metrics

Sari view : 157 times
PDF - 182 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter