UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS XII IPA 2 SMAN 1 LEMBANG JAYA

Masyitah Rasyid

Sari


Permasalahan yang berhubungan rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran Biologi adalah terkait dengan beberapa faktor diantaranya karakteristik materi yang terdapat pada mata pelajaran Biologi, banyak siswa yang mengalami kesulitan terutama untuk memahami konsep-konsep fisologis yang abstrak. Sebagai salah satu solusi guru dapat menvariasikan model pembelajaran. Untuk itu dilakukan penelitian Upaya peningkatan aktivitas belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing di Kelas XII IPA 2 SMAN 1 Lembang Jaya. Metode penelitian adalah tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus 1 dan 2, siswa aktif bertanya 7 siswa, dengan persentase 36,8% dengan kategori sedikit, sedangkan siklus ke 2 sudah 16 orang dengan persentase 84,2% dengan kategori sangat banyak. Pada pertemuan siklus 2 ini telah terdapat peningkatan jumlah siswa yang aktif dalam bertanya. Sementara itu terdapatnya perubahan aktivitas belajar siswa dengan kategori sangat baik dan terjadinya peningkatan. Perubahan aktivitas sebesar 40 item aktivitas dengan peningkatan kategori sangat banyak sebesar 18 persen, hal tersebut juga diikuti dengan penurunan kategori sangat sedikit sebesar 42 persen.
Kata kunci: peningkatan, aktivitas belajar, snowball throwing, Lembang Jaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita, Lie. 2004. Learning (mempraktikan kooperatif learning di luar kelas). Jakarta: Grafindo

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Arif, Syaiful. 2017. MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT PESERTA DIDIK (META ANALISIS DATA). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 06 Nomor 03Tahun 2017, halaman: 371-377. 5

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Koperatif. Jakarta: Depdiknas

BNSP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Hardini, Agustina Tyas Asri dan Arlita Akmal. 2017. PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 3, Nomor 1, April 2017.

Mursid, Kiki Barkiah, Agus Suryana, dan Agus Sugiyanto. 2021. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MI AL-MURSYID CITEUREUP-BOGOR. EDUINOVASI, Vol. 1, No.1, Februari 2021.

Nurhaedah A dan Muhammad Amran. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn Mapala Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol,1. No,1.

Ramlah. 2017. Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XII SMAN 9 PEKANBARU. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. Volume 1 Nomor 1 Juli 2017.

Rosidah, Ani. 2017. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2017.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafisindo Persada

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafisindo

Sudana, I Made. 2019. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 2 No. 1, April 2019.

Slavin, E. Robert. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Media Group




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v9i2.3895

Article Metrics

Sari view : 170 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter