PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK KUNJUNGAN KELAS DI UPTD SDN 02 TANJUANG HARO SIKABU-KABU PD. PANJANG SEMESTER II TA. 2021/2022

Salmianis Salmianis

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran melalui supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas di UPTD SD Negeri 02 Tanjung Haro Sikabu-Kabu Pd. Panjang semester II tahun Pembelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas di UPTD SD Negeri 02 Tanjung Haro Sikabu-Kabu Pd. Panjang Semester II Tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.  Subjek dalam penelitian ini yaitu 7 orang guru UPTD SD Negeri 02 Tanjung Haro Sikabu-Kabu Pd. Panjang. Penelitian ini dilaksankan dari bulan Januari sampai dengan Maret 2022. Data diolah dengan teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajran yaitu sebesar 76,43 dengan peringkat cukup baik dan meningkat menjadi 90,43 pada siklus II dengan peringkat Amat Baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran melalui supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas pada semester II tahun pelajaran 2021/2022.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Pt. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Muslim, S. B. 2011. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sahertian, A. Piet. 2000. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suryosubroto, B. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Waitlem dan Risman. 2017. Praktik Praktis Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Guru. Padang. CV, Visigraf




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3278

Article Metrics

Sari view : 148 times
PDF - 94 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter