UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KEADAAN ALAM NEGARA-NEGARA DI DUNIA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS IX.5 SMPN 1 KECAMATAN HARAU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Pitria Pitria

Sari


Masalah utama dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas dan hasil siswa didik kelas IX.5 SMP Negeri 1 Kecamatan Harau dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Saat melakukan proses pembelajaran, terlihat bahwa siswa kurang bertanya, mengajukan pendapat, menjawab soal yang diajukan, memberikan tanggapan, menyimpulkan pelajaran, memberikan saran, hanya beberapa orang siswa yang mengerjakan tugas, mencatat dan menjawab pertanyaan yang diajukan guru dan kurang  bisa bekerjasama dengan siswa lain serta kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Karena itu peneliti mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif  tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Keadaan Alam Negara–Negara di Dunia siswa kelas IX.5 SMP Negeri 1 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan tahapan masing-masing siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX.5 SMP Negeri 1 Kecamatan Harau yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivits guru dan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian yaitu jika persentase hasil belajar IPS pada materi keadaan alam negara-negara di dunia melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas IX.5 SMPN 1 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 80%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 46% siswa tuntas hasil belajar IPS pada siklus 1 karena belum mencapai indikator keberhasilan penelitian maka penelitian dilanjutkan ke siklus 2. Pada siklus 2 siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 siswa atau 86% dan telah mencapai indikator keberhasilan penelitian. Sehingga dapat dismpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi keadaan alam negara-negara di dunia siswa kelas IX.5 SMPN 1 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota tahun pelajaran 2018/2019.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta,Rineka Cipta

Nur, Muhammad dan Prima Retno Wikandari. 2000, Pengajaran Berpusat Pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivisme dalam Mengajar, Universitas Negeri Surabaya.

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa

Solihatin, Etin dan Raharjo . 2008. Cooperative Learing Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3277

Article Metrics

Sari view : 102 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter