PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE DRILL SISWA KELAS 1 SDN 04 BATIPUAH BARUAH

Lindrawati Lindrawati

Sari


Kemampuan membaca permulaan siswa kelas satu SDN 04 Batipuah Baruah masih rendah, mengingat bahwa kurikulum siswa pada sekolah kanak-kanak tidak diajarkan membaca, sehingga siswa yang masuk ke sekolah dasar banyak yang belum bisa membaca, sementara pada tingkat SD siswa sudah dituntut untuk pandai membaca, guru kelas satu menjadi kewalahan dalam mengajarkan materi yang lain. karena itu perlu diadakan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode drill pada siswa kelas 1 di SDN 04 Batipuah Baruah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 1 SDN 04 Batipuah Baruah yang terdiri dari 23 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahap yang mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan membaca permulaan dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa pada setiap siklus. Persentase siswa yang tuntas yaitu pada siklus I sebesar 43%, pada siklus II sebesar 54%, dan pada siklus III sebesar 87%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 04 Batipuah Baruah dapat ditingkatkan melalui metode drill.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhadiah, S dkk., (1991/1992). Bahasa Indonesia I. Departemen Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Enny Zubaidah. (2013). Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Diagnosa dan Cara Mengatasinya. Diakses dari uny.ac.id. Pada tanggal 6 Juni 2015.

Jalil, Abdul, Zuleha MS., & Kusnandar. (2005). Perkembangan dan Perolehan Bahasa Anak. Jakarta: Depdiknas Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan

Puji Santosa. (2007). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

R. Masri Sareb Putra. (2008). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: Indeks

Supriyadi. (1992). Materi Pokok Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zuchdi, Darmiyati dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3275

Article Metrics

Sari view : 354 times
PDF - 691 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter