THE USE OF GUESSING GAME TO IMPROVE STUDENTS SPEAKING ABILITY AT SMP N 1 TALAMAU

Janurli Saputri Rini Hendrita Mezia Kemala Sari

Sari


Penelitian ini membahas tentang penggunaan guessing game (permainan menebak) untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Tujuannya untuk mengetahui apakah penggunaan guessing game ini dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa atau tidak. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian pre-experimen dengan desain pre-test and post-test. Sampel dari penelitian ini adalah 14 siswa dari kelas VIII2 pada sekolah menengah pertama Pasaman Barat. Data kuantitatif diambil dari pre-test dan post-test. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbicara dan rekaman video. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan guessing game dalam pengajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan dengan t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 11 > 1,7. Selain itu, dapat juga dibuktikan dengan skor rata-rata siswa pada masing-masing tes yang menunjukan post-test mendapatkan nilai lebih tinggi daripada pre-test yaitu 76 untuk post-test dan 30,5 untuk pre-tes. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada peningkatan kemampuan bebicara bahasa Inggris siswa dengan menggunakan guessing game.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andreas, Wright. 1986. Games for Language Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Burns, A., & Joyce, H. (1997). Focus on Speaking. Sydney: National Center for English Language Teaching and Research.

Creswell. 2009. Research Design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. United States of America.

Hughes, Arthur. 1990. Testing for Language Teacher. Sidney: Cambridge University Press

Klippel, F. 1994. Keep Talking. Communicative Fluency Activities for Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Nunan, D. (2003). Practical English Language Teaching. International Edition, McGraw-Hill, Singapore, 88.

Patricia, Richard Amato, Making it Happened: interaction in the second language classroom, (New York and London: Longman, (1988).

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendididkan. Jakarta: PT Rja Grafindo Persada.

Wright, A., Betteridge, D., & Buckby, M. 2005. Games for Language Learning (3rd ed.). New York: Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3274

Article Metrics

Sari view : 152 times
PDF - 172 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter