KONVERGENSI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DAN TANTANGAN KEILMUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Beniario Yurnalis

Sari


Perubahan kurikulum ditandai dengan mulainya rancangan tatanan baru dan imaginasi masa depan yang dimaknai dengan pelaksanaan program unggulan yang diberikan oleh setiap program studi. Design ini telah dilaksanakan dengan adanya kebijakan perubahan kurikulum. guna untuk meningkatkan mutu lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan yang berdaya serap yang tinggi. Sinergitas tersebut di antaranya adalah program kampus mengajar yang baru-baru ini hangat dibicarakan. Namun tak jarang mengalami kejenuhan untuk menemukan konvergensi antara kebijakan dan tantangan keilmuan. Berbagai penelitian terkait dengan konvergensi kurikulum yang telah disampaikan baik dalam bentuk seminar, konferensi, journal penelitian seperti Giri. Efraim Ferdinan, (2008), Fuadi Marja Tuti, Fauzi. Imron. (2020). Irianto. Apri, dkk. (2021). Namun sedikit sekali yang membahas bagaimana konvergensi profil lulusan prodi Pendididikan bahasa Inggris terhadap program kampus mengajar dengan relevansi prinsip pengembangan kurikulum dan tantanganya dalam mengikuti program MBKM tersebut khususnya bagi mahasiswa.

Penelitian in dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan telaah dokumen tugas akhir peserta kampus mengajar. Keabsaan data dilakukan dengan cara uji semantik validitas dan teman sejawat guna mendapatkan data yang valid dan reliable. Adapun temuan penelitian ini adalah konvergensitas kurikulum dengan program kampus mengajar pada prodi pendidikan bahasa Inggris dikonstruksi pada profil lulusan utama yaitu sebagai calon pendidik bukan sebagai profil tambahan, kemudian direkognisi kedalam konversitas matakuliah yang relevan, sedangkan tantangannya adalah pelaksanaan program ini sebaiknya ada coaching tambahan tentang bahan ajar bahasa Inggris di sekolah dasar bagi mahasiswa sebagai bagian dari pengembangan mata kuliah English for specific purpose.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baderiah. 2018. Buku Ajar Pengembangan kurikulum. Palopo: IAIN Palopo.

Fuadi, Tuti Marjan. 2021. Konsep Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM); Aplikasinya dalam pendidikan Biologi. Universitas Abulyatama Aceh Besar Seminar Nasional Biotik; Prosiding Nasional. ISBN: 978-602-70648-3-6.

Fauzi. Imron. 2020. Konvergensi Kurikulum di Madrasah berbasis Pesantran. Bandung: Bitread Publishing

Feralys Novauli. M. 2015. Kompetensi guru dalam peningkatan prestasi belajar pada smp negeri dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarja Universitas Syiah Kuala. Volume 3, No. 1, Februari 2015. ISSN 2302-0156

Giddens Anthony. 2003.Runaway World: Bagaimana Globalisasi Merombak Kehidupan Kita Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Giri. Efraim Ferdinan. 2008. Konvergensi standar akuntansi dan dampakna terhadap pengembangan kurikulum akuntansi dan proses pembelajaran di perguruan tinggi Indonesia. Journal pendidikan Indonesia. Vol. Issue 2. ISSN Eletronik. 2505-5104. http://doi.org/10.21831/jpai.v6i2.930.

Irianto. Apri, dkk. 2021. Profil lulusan program studi PGSD Universitas PGRI ADI Buana Surabaya. Journal studi Guru dan pembelajaran . Vol. 4, No. 1, Januari - April 2021ISSN 2654-6477.

Kemendikbud. 2021. Panduan program Kampus Mengajar 2021 Angkatan 2.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Permendikbud. No 3 Tahun 2020 pasal 15 ayat 1

Tilaar, H.A.R. 2002. Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif Untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3272

Article Metrics

Sari view : 552 times
PDF - 333 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter