UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF SISWA KELAS 1 DI UPTD SDN 01 TALANG ANAU TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu huruf siswa kelas 1 di UPTD SDN 01 Talang Anau. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 1 UPTD SDN 01 Talang Anau yang terdiri dari 15 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahap yang mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan membaca permulaan, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa pada setiap siklus. Persentase siswa yang yang tuntas yaitu sebesar 46,67% pada siklus I, 66,67% pada siklus II, dan 86,67% pada siklus III. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 UPTD SDN 01 Talang Anau dapat ditingkatkan melalui permainan kartu huruf.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zuchdi, Darmiyati dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.3013
Article Metrics
Sari view : 297 timesPDF - 334 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-