UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 3 KEC. AKABILURU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Raiman Faizal

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe make A Match di kelas VIII UPTD SMP Negeri 3 Kec. Akabiluru Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas kegiatan yang meliputi perencanaan, tindakan, obsevasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 3 Kec. Akabiluru. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 3 Kec. Akabiluru yang berjumlah 26 orang. Objek dalam penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar siswa di kelas VIII pada mata pelajaran PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa pada kegiatan Pra–Siklus  adalah : Nilai tertinggi 70 , nilai terendahnya adalah 25 dan nilai-rata-ratanya adalah 56,73. Sementara itu nilai hasil hasil belajar siswa pada siklus 1 nilai tertingginya adalah 100, nilai terendahnya adalah 25 sedangkan rata-rata nilainya adalah 61,34. Pada siklus ke 2, nilai tertingginya adalah 100, nilai terendahnya adalah 60 sedangkan nilairata-ratanya adalah 81,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa terdapat peningkatan, dimana pada siklus 1 adalah 61,34 menjadi naik rata-rata hasil belajarnya  pada siklus ke 2 menjadi 81,88. Rata-rata hasil nilai siswa pada siklus I dengan siklus ke II adalah 71,61 dengan peningkatan nilainya sebesar 20,54. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa di kelas VIII UPTD SMP Negeri 3 Kec. Akabiluru Tahun Pelajaran 2020/2021.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Isjoni. 2007. Cooperatif Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pressindo

Suharsimi Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyatno, 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoharjo: Masmedia Buana Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.3011

Article Metrics

Sari view : 255 times
PDF - 175 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter