HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR GERAK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UM SUMBAR

Megasari Martin Mimi Sri Irfadila

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara media pembelajaran dan kemampuan menulis puisi mahasiswa pada mata kuliah kajian puisi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kolerasi dan deskriptif. Mahasiswa yang menajdi objek penelitian adalah mahasiawa semester 3 yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan menulis puisi dan angket media gambar gerak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja dan angket. Dalam penilian ini mahasiswa ditugaskan menulis puisi dengan penggunaan media gambar gerak. Setelah itu mahasiswa menjawab angket yang berhubungan dengan media gambar gerak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan  antara media gambar gerak  terhadap kemampuan menulis puisi  mahasiswa secara statistik bahwa thitung lebih besar dari pada t tabel atau 7,514 > 1,701, artinya ada hubungan yang signifikan media gambar gerak dengan kemampuan menulis puisi, dengan tingkat kepercayaan ά = 0,05 dan n= 30, uji satu pihak; dk = n-2 =30-2= 28 sehingga diperoleh t tabel  = 1, 701. interpretasi nilai r hitung= 0,76 terletak diantara 0,600 sampai dengan 0,800 hal itu berarti koofisien korelasi antara media gambar gerak terhadap kemampuan menulis puisi adalah korelasi cukup berpengaruh antara variabel X terhadap variabel Y yaitu, sebesar 60% sisanya ditentukan variabel lain.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adawiyah, Siti Robiah dkk. 2018. Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Onomatope di MA Tanjungjaya. Jurnal Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia) Volume I (897-904)P – ISSN 2614-624X.E – ISSN 2614-6231. https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploads/sites/6/2019/07/parole-teknik-onomatope.pdf .

Adinda dan Adjie. 2011. B1 3D Studio Max 9 + cd. Flim Animasi 2D Berbasis 3D Menggunakan Teknik Cell Shading Berjudul The Postman Stir,. 6.Tugas Akhir. Surabaya: Stikom.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik edisi revisi VII. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo.

Atmazaki. 2007. Ilmu Satra Teori dan Terapan. Padang: UNP Press.

Furidah. 2009. Pengertian Media Pembelajaran. (Online), http://kamriantiramli.wordpress.com/2011/02/28/pengaruh-pengaruh-media-animasi-sebagai-strategi-pembelajaran-aktif-pada-konsep-metabolisme-di-kelas-xii-man-negeri-2-binjai/. Diakses tanggal 5 februari 2014 jam 15.10.

Gani, Erizal. 2014. Kiat Pembacaan Puisi: Teori dan Terapan. Bandung: Reka Cipta.

Keraf, Gorys. (2008). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Nurjanah, E., Lestari, S., & Firmansyah, D. (2018). Tinjauan Semiotika Puisi Ibu Indonesia Karya Sukmawati Soekarnoputri. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(3), 283–290. ttps://doi.org/10.22460/P.V1I3P%P.658

Semi, M. Atar. 2009. Menulis Efektif. Padang: UNP Press.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahsa. Bandung: PT Angkasa.

Waluyo, H.J. (2011). Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wardoyo, S. (2013). Teknik Menulis Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.2997

Article Metrics

Sari view : 232 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter