KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR 03 BALAI-BALAI KOTA PADANGPANJANG

Laila Fitri Sayuti

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi pada proses pembelajaran menulis karangan deskripsi yang dilakukan di kelas III Sekolah Dasar 03 Balai-Balai Kota Padangpanjang yang belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi (pemakaian huruf, penulisan tanda baca) dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture siswa kelas III Sekolah Dasar Balai-Balai Kota Padangpanjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 25 orang siswa dan sampel penelitian 25 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Instrument penelitian yaitu tes unjuk kerja. Teknik penggumpulan data yaitu (1) tes unjuk kerja (perfomance asseement), dan (2) observasi (observation). Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu (1) Mengolah data, (2) Mencari persentasi  nilai siswa, (3) Mentabulasi nilai, (4) Menyusun pedoman konversi, (5) menggola skor mentah, dan (6) Membuat interpretasi dan simpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture siswa kelas III Sekolah Dasar Balai-Balai Kota Padangpanjang dikategorikan amat baik. (1) kategori A ada 16 orang, dan (2) kategori B ada 9 orang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Ilmiah Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Atmazaki. 2009. Kiat-Kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: UNP Press.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Finoza, Lamuddin. 2005. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Insan Mulya.

Hamdani. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Keraf, Gorys. 2004. Eksposisi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah

Semi, M. Atar. 2009. Menulis Efektif. Bandung: Angkasa.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.2996

Article Metrics

Sari view : 240 times
PDF - 222 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter