THE EFFECT OF GALLERY WALK AND MOTIVATION TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT AT THE EIGHTH GRADE OF SMP N 2 SAWAHLUNTO
Sari
Dalam pembelajaran membaca, strategi pembelajaran dan motivasi sangat mempengaruhi pemahaman membaca siswa. Gallery walk diaplikasikan sebagai salah satu variasi dalam strategi pembelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gallery walk dan motivasi terhadap pemahaman membaca siswa di dalam teks narrative (fable). Jenis penelitian ini adalah quasi experimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kela VIII SMPN 2 Sawahlunto. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas control. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman membaca dan kuisioner. Hipotesis dianalisa menggunakan T-test dan ANOVA 2 Arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gallery walk memberikan dampak yang lebih baik terhadap pemahaman siswa dalam membaca dibandingkan dengan small group discussion. (2) Siswa dengan motivasi yang tinggi diajar menggunakan gallery walk memiliki pemahaman membaca yang lebih baik dibandingkan dengan small group discussion. (3) Siswa dengan motivasi yang rendah dan diajar menggunakan gallery walk tidak memiliki pemahaman yang lebih baik dibandingkan dengan small group discussion. (4) Tidak ada hubungan antara motivasi dan pemahaman membaca siswa.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bowman, Sharon. L. The Gallery Walk: An Opening, Closing, and Review Activity. Retrieved at http://www.Bowperson.com
Brophy, Jere. Motivating Students to Learn Second Edition. Lawrence Erlbaum Associates, publishers 2004 Mahwah, New Jersey London
http://www2.milwaukee.k12.wi.us/zablocki/MSTL.pdf
Elliot, A., Faler, J., McGregor, H., Campbell, W., Sedekid es, C., & Harackiewicz, J. (2000). Competence valuation as a strategic intrinsic motivation process. Personality and Social Psychology Bulletin, 26, 780-794
Francek, Mark. Promoting Discussion in the Science Classroom Using Gallery Walk: A Journal of College Science Teaching http://blog.stetson.edu/jrseminars/wp-content/uploads/Gallerywalk.pdf retrieved on 14th April 2014
Gambrell, L.B Palmer, B.M.Codling , RM & Mazzoni , S.A.(2007) Assessing Motivation to read . The reading teacher teacher, 49(7), 518, -522.
Guthrie, T., Laurel, W., Stephen, M., Nicole, M., L. 2006. Reading Motivation and Reading Comprehension Growth in the later elementary years. Maryland: University of Maryland College Park.
Harmer, J. 2001. The Practice of English Language Teaching Third Edition.
Cambridge: Longman Company
Harris, A.J. 1990. How to Increase reading ability: A guide to development and remedial methods. New York :David Mckey
Jamestown. 2006. Motivation and Engagement: Interactive Educational System. New York:Mcgraw-Hill
Maslow, Abraham H. 1970. Motivation and Personality. Printed from the English edition by Harper and Row. Publisher 1954
Mccororie P. 2006. Teaching and Leading Small group. Edinburgh: Association for the study of Medical Science.
Nunan, David. 2003. Second Language Teaching and Learning. Heinle Publisher: Botton.
Schramm, Karen. 2008. Reading and Good Language Learners. In Carrol Griffiths (eds), Lesson from Language Learners: Cambridge: Cambridge University Press
Sheng, He Ji. 2000. “A Cognitive Model for teaching Reading Comprehension”. English Teaching Forum Vol. XXV, 4: 12-13
Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Dialihbahasakan oleh Sarjuli dkk. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. JKT: PT. Raja Grafindo Persada
Taylor, P. 2001. Gallery Walk. Retrieved on 15 July 2015 at http://www.cct.umb.edu/gallerywalk.html
Ur, Penny. 1996. Discussion that Word: Language Book for Language teacher. London: Longman group Limited.
Ur, Penny. 2000. A Course in Language Teaching: Practice and Theory. Cambridge: Cambridge University Press
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.2993
Article Metrics
Sari view : 288 timesPDF - 141 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-