PENERAPAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA STKIP PGRI SUMATERA BARAT

Risa Yulisna Afrini Rahmi

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterampilan berbicara bagi siswa guru sebagai calon pendidik. Keterampilan berbicara yang sangat minim mempengaruhi kemampuan mahasiswa untuk menjelaskan materi atau materi pelajaran dalam perkuliahan serta kemampuan menjelaskan materi di kelas nanti. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menjelaskan dengan menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator And Explaining. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 220 mahasiswa angkatan 2016. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes kinerja dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining Center (SFAE) mampu meningkatkan keterampilan berbicara.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arief, Ermawati dan Yarni Munaf. 2003.”Pengajaran Keterampilan Berbicara: Buku Ajar”. FBSS: UNP Press.

Sagala, Syaiful. 2005. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Taniredja, Tukiran. 2013. Model-Model Pembelajaran Inovatif Dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah. B. 2011. Belajar Dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, Sri & Syukur, Abd. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Refika Aditama




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i1a.2749

Article Metrics

Sari view : 233 times
PDF - 270 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter