SEJARAH ISLAM PADA MASA PANDEMI DI SDIT AL-MARHAMAH KAMPUNG

Eldarifai Mafardi Aguswan Rasyid

Sari


Sejarah Islam merupakan sub bagian yang urgent dalam Pendidikan Agama Islam. Pandemi Covid-19 menyita perhatian Pendidik agar senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan pendidik dalam memanfaatkan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran Sejarah Islam. Penelitian ini menggunakan Metode gabungan (miss research) kualitatif dan kuantitatif dengan strategi eksploratoris sekuensial. Prioritas utama menggunakan penelitian kualitatif untuk mengeksplorasi masalah yang diteliti. Selanjutnya kuantitatif dengan Pree Experimental Design.Semua Stake Holder di Yayasan Al-Marhamah Padang Pariaman selalu memberikan pelayanan prima kepada peserta didik. Perangkat yang digunakan dalam pembelajaranberupa  Laptop, infocus dan Handphone Android dan aplikasi yang dimilikinya. Media yang digunakan dalam pembelajaran Sejarah Islam diantaranya: Video pembelajaran, Google Form, Microsoft Powerpoint, dan lain sebagainya. Semua instrument dinyatakan valid dengan tingkat signivikansi 0,005, artinya penggunaan MediaTekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Sejarah Islam biasa meningkatan hasil belajar pada masa pandemidi SDIT Al-Marhamah Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad bin Hajar, Syekh. 2001. Sejarah Baca Tulis sifat ummi (Tidak tahu baca tulis) pada Nabi Muhammad ﷺ.Yogyakarta: Pustaka Iqra.

Ali Ash-Shabuni, Muhammad, dkk.2020. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Jakarta : Jabal

Andriani,Anna.Munculnya Pendidikan Islam, STAI Muhammadiyah Tulung Agung, Download.garuda.ristekdikti.go.id

Anitah, Sri. 2008. Media PembelajaranSurakarta: Mira Sertifikasi Guru Surakarta

Anwar, Syaifuddin.Metode Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 1999

Analisa Pemanfaatan Tekhnologi informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19, Jurnal OfInformation System.

Arikunto, Suharsimi Prosedur Peenelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta, 1987

Atsani, Lalu Gede Muhammad Zainuddin. Transformasi Media Pembelajaaran Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Studi Islam

Arsyad, Azhar.2006.Media Pembelajaran.Jakarta: Grafindo Persada

Bafadhol, Ibrahim. Juli 2017. Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam, Jurnal Pendidikan Islam, STAI Al-Hidayah Bogor, Vol. 0 6 No.12

Dhaifi, Ahmad. Perkembangan Kurikulum PAI di Indonesia JurnalPendidikan Islam

Gulo, W. Metodologi Penelitian, Jakarta, PT. Grasindo, Tampa tahun

Hamka, 1951. SejarahUmat Islam, PraKenabianHingga Isla di Nusantara. Jakarta: GemaInsani.

http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/178/177

https://www.duniapelajar.com/2014/07/30/pengertian-kualitas-pembelajaran-menurut-para-ahli/

Nugrahani, Farida.2014. Metode Penelitian Kualitatif, Surakarta.

Pito, Abdul Haris.Media Pembelajaran dalam PerspektifAlQuran. Jurnal, Pusdiklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, e-mail:abdulharispito@gmail.com

Sugono, Dendy.2008. Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Versi Offline, Website:http//pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/

Leaman, Oliver. 2001. Pengantar Filsafat Islam, Sebuah Pendekatan Tematis, Bandung: KhazanahIlmu-Ilmu Islam

Moleong, Lexy J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosda Karya,

Muhaimin. 2007. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Sekolah dan Madrasah, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada,

Muhaimin, 2007. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta

Sudjana, Nana. 1995. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Susiliana Rudi danCepiRiyana. 2007. Media Pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima.

Suwana. 2005. Macam-Macam Media Pembelajaran, Jakarta: DEPDIKBUD.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,Bandung : Alfabeta.

Terjemah Tafsir Ibnu Katsir versi lengkap, ralat@mytafsir.com//

Suryadarma ,Yoke & Ahmad Hifdzil Haq. Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali, Jurnal Pendidikan Islam, Universitas Darussalam GontorYoke013@gmail.com




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i1a.2746

Article Metrics

Sari view : 279 times
PDF - 221 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter