PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

Yendrita Neti Soprina

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievemen Division (STAD) pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMKN I Talamau. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas, deambil dengan teknik random sampling, kelas X ATP1 sebagai kelas eksperimen dan kelas APH sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa seperangkat tes. Data dianalisis dengan uji t. Dari hasil analisis data diperoleh thitung = 2,23 dan ttabel = 1,70 pada taraf nyata 0,05, berarti hipotesis diterima pada taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada kelas X SMK Negeri 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Harahap, Nurmahni. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Kognitif, Motivasi, Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Di MTsN Model Banda Aceh. Jurnal pembelajran, Vol IV (02): 57.

Irsyad. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Padang: FMIPA Universitas Negeri Padang.

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: FMIPA Universitas Negeri Padang.

Musfiqon. 2012. Pengembangan media dan sumber belajar. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Margono, S. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Pitria, Melka. 2011. “Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Student Team Achievemen Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran IPS di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 20 Tarok”. Skripsi tidak diterbitkan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Padang.

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsit.

Sugiono. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. 2014. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Syah, Muhibbin.2005. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sitompul, Lisnawati. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Ekosistem Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Forum Paedagogik,Vol. VI (01): 91.

Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara

Wahyuni, Annisa. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD disertai Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kecamatan Harau”. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: program studi pendidikan Biologi STKIP Payakumbuh.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i1.2576

Article Metrics

Sari view : 310 times
PDF - 319 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter