UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MEMAINKAN ALAT MUSIK ANGKLUNG MELALUI METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG

Wirda Hayati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan alat musik angklung kelas VIII.B UPTD SMP Negeri 5 Lareh Sago Halaban tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B UPTD SMPN 5 Kecamatan Lareh Sago Halaban tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 9 siswa laki laki. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklus terdisi dari dua kali pertemuan. Dari hasil analisa data diperoleh rata-rata penguasaan peserta didik adalah sebagai berikut pada siklus I diterapkan metode pembelajaran langsung, siswa yang berada dalam kategori kurang meningkat menjadi 77,31 tetapi belum memenuhi kriteria keberhasilan sehingga perlu dilanjutkan dengan tindakan pada siklus 2. Dengan penerapan metode pembelajaran langsung dalam memainkan alat musik angklung pada siklus 2 ini, seluruh siswa berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 82,19. Dari pengamatan dan analisis data yang diperoleh, disimpulkan bahwa metode pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan memainkan alat musik angklung pada siswa kelas VIII.B UPTD SMPN 5 Kecamatan Lareh Sago Halaban tahun pelajaran 2019/2020.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amri, Sofan dan Ahmadi, Iif Khoiru. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas: Metode, Landasan Teoritis-Praktis dan Penerapannya. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Kasmaja DS, Hadi.2014. Model Pembelajaran Langsung. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Rosyadi. 2012. Angklung: Dari Angklung Tradisional ke Angklung Modern. Patanjala Vol. 4, No. 1, Maret 2012: 26-40,

Trianto.2010.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i1.2575

Article Metrics

Sari view : 234 times
PDF - 916 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter