RESEARCH FORMULATION PROBLEMS FACED BY STUDENTS IN WRITING RESEARCH PROPOSAL

Beniario Beniario

Sari


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penulisan proposal penelitian memiliki perspektif yang berbeda, yaitu pandangan menjadi kerangka untuk merancang proposal penelitian, bagaimana menulis proposal penelitian di berbagai bidang studi melalui analisis proyek-proyek mahasiswa seperti Susetyo dan Noermansyah, (2020), Lestari, Monica (2020), dan Sahib, Rahmawansyah dan Murshid (2020). Namun demikian, kajian difokuskan pada apa kesulitan mahasiswa, dan kesalahan apa yang dilakukan mahasiswa dalam menulis proposal penelitian, sehingga kajian tren lebih menitikberatkan pada kelemahan penulisan penelitian, namun perlu adanya kajian lebih dalam menggali paradigma penelitian. mengembangkan teori penelitian. Artikel ini menjelaskan bagaimana rumusan penelitian yang dibuat oleh mahasiswa dalam pendahuluan, desain penelitian dan metodologi penelitian yang diterapkan dalam penulisan proposal penelitian tahun ajaran 2020/2021 ?. Populasi datanya adalah random sampling; semua siswa mengikuti seminar tentang pengajaran bahasa. Instrumen penelitian berupa penulisan proposal siswa, analisis data dilakukan dengan mengecek tulisan siswa, mengidentifikasi,mendeskripsikan dan menyimpulkan hasil perspektif siswa dalam tulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang membuat rumusan penelitian tidak mampu sepenuhnya baik pengantar, telaah pustaka terkait maupun metodologi penelitian. Artikel ini sangat menganjurkan kepada mahasiswa dan dosen untuk mempelajari mata kuliah secara tim agar lebih variatif dan menarik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ary. Donal. 2010. Introduction to Research in Education 8th Edition. United states: Wadsworth Cengage Learning.

Creswell, John .W. 2009. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lestri. Dwi, monica. 2020. An analysis of students’ difficulties in writing Undergraduate thesis at english education program of Muhammadiyah University of Bengkulu. Journal of English Education and Applied Linguistics. https://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/english.

Sahib. Rahmansyah and Murshid 2020. An Analysis of Research Backgrounds of EFL Students Research Proposal. Journal of English language Studies. Vol. 5 no 2. 2020. 199-209.

Susetyo and Noermansyah. 2020. Kemampuan dan kesulitan mahasiswa program studi Pendidikan bahasa indonesia universitas bengkulu Dalam menulis proposal penelitian skripsi. STKIP PGRI LubukLinggau. LP4MK. ISSN. 2620-3316

Krish, Razak. Norizan. A. 2017. Engaging Postgraduate Students in Preparing Research Proposals. Akademika. April 2017:243-252. http://doi.org/10.17576/akad-2017-8701-18




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i1.2562

Article Metrics

Sari view : 423 times
PDF - 268 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter