PERKEMBANGAN KOGNITIF, BAHASA, PERKEMBANGAN SOSIO-EMOSIONAL, DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Aniswita Neviyarni

Sari


Setiap individu pasti mengalami perkembangan, walaupun perkembangan itu bersifat relative. Perkembangan tergantung pada individu masing-masing. Perkembangan tersebut mencakup aspek fisik dan aspek psikologis. Perkembangan biologis menyangkut perubahan pada fisik seperti tinggi badan, berat badan, warna kulit dan lainnya. Sementara perkembangan psikologis mencakup perkembangan pada aspek kognitif, aspek bahasa dan sosio-emosional. Perkembangan kognitif adalah perubahan yang terjadi dalam hal pemikiran, kecerdasan anak termasuk dalam aspek bahasa, seperti kemampuan dalam memecahkan masalah matematika, kemampuan menguasai beberapa bahasa, dan lainnya. Perkembangan sosio-emosional adalah perubahan yang terjadi dalam hal interaksi atau hubungan dengan orang lain, seperti perubahan pada emosi. Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan ini, diantaranya adalah faktor genetik atau faktor hereditas dan faktor lingkungan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Perkembangan ini tentu berimplikasi pada proses pembelajaran. Seorang pendidik atau guru yang professional dan bertanggung jawab tentu harus memperhatikan perkembangan peserta didiknya. Baik perkembangan fisik, perkembangan kognitif, bahasa maupun perkembangan sosio-emosionalnya. Sehingga dalam pembelajaran guru mampu memperlakukan peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangnya. Guru seyogyanya mampu menggunakan berbagai pendekatan dan media yang tepat demi terciptanya pembelajaran yang kondusif untuk perkembangan peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Berdasarkan paparan tersebut penulis tertarik untuk membahas lebih lanjut tentang perkembangan kognitif, bahasa dan sosio-emosional peserta didik serta implikasinya dalam pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brata, S. S. (2001). Psikologi Pendidikan . Jakarta: Raja Grafindo Persad.

Ling, J., & Catling, J. (2012). Psikologi Kognitif; edisi terjemahan. Jakarta:

Erlangga.

Santrock, J. W. (2004). Psikologi Pendidikan; edisi terjemahan. Jakarta :

Prenadamedia Grup.

Soemanto, W. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Surna, I. N., & Pandeirot. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gelora Aksara

Pratama.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2380

Article Metrics

Sari view : 13445 times
PDF - 41238 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter