IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SECARA DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMP DI MASA PANDEMIC COVID-19

Wati Susanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, proses pelaksanaan serta kendala-kendala yang dihadapi oleh sekolah yang dalam hal ini adalah tenaga pendidik termasuk orang tua dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran PAI di masa covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, analisis data dilakukan dengan cara menyusun data, mengorganisasikkan data, menjabarkannya ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, dan membuat kesimpulan. Sesuai dengan hasil penelitian diketahui bahwa guru dalam merencanakan pembelajaran daring dihadapkan pada homogenitas peserta didik baik dari level ekonomis, inteligensi bahkan tempat tinggal, sehingga apa yang teah direncanakan tidak terlaksana secara maksimal, sementara pelaksanaan pembelajaran daring lebih didominasi pada pemanfaatan media WhatsApp group, kendala yang dihadapi guru terkait dengan pembelajaran PAI yang bersifat praktik sulit untuk dipahami peserta didik, begitu juga dengan materi akhlak yang tidak dapat diajarkan melalui keteladanan karena hanya menggunakan media online. Adapun kendala yang dialami oleh orang tua didominasi masalah ekonomis yang menuntut pengeluaran untuk paket data, selain itu di antaraorang tua banyak yang tidak mampu untuk menjelaskan secara langsung materi PAI kepada anak.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education (SiPoSE), 1(1), 38–49. http://scie-journal.com/index.php/SiPoSE

Dorovolomo, J., Phan, H. P., & Maebuta, J. (2010). Quality lesson planning and quality delivery: Do they relate? The International Journal of Learning, 17(3), 447–454.

Hakim, R., & Ritonga, M. (2018). A Study of Religion Education Method With Multicultural Insight. International Seminar on Islamic Education (ISIE2018) Faculty of Islamic Religion, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, July 07th, 2018, Isie 2018, 81–97.

Hariyadi, Ritonga, M., & Irfadila, M. S. (2019). Pemanfaatan Media TI pada SDN 26 Pulakek Kab. Solok Selatan untuk Meningkatkan Mutu dan Inovasi Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 3(2), 85–88.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286

Lahmi, A., Ritonga, M., Saputra, R., Mursal, Ayu, S., Nurdianto, T., & Afdhal, S. (2020). Internet , Pesantren and Management Strategies Educational Building. International Journal of Advanced Science Research, 29(4), 2827–2836.

Noer, S. M., Ritonga, M., Ekawati, R., Septiana, V. W., & Susanti, D. (2020). Compact Disc Interactive Design Tutorial and Effect on the Improvement of Learning Network Computer Lessons. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(8), 457–467. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/18754

Oke, A., & Fernandes, F. A. P. (2020). Innovations in Teaching and Learning: Exploring the Perceptions of the Education Sector on the 4th Industrial Revolution (4IR ). Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(31), 1–22. https://doi.org/10.3390/joitmc6020031

Ritonga, A. W., Ritonga, M., Nurdianto, T., Kustati, M., Rehani, Lahmi, A., Yasmadi, & Pahri. (2020). E-Learning Process of Maharah Qira’ah in Higher Education during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Higher Education, 9(6), 227–235. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p227

Ritonga, M. (2017). Desain Bahan Ajar Bahasa Arab Sains dengan Pendekatan Whole Language. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 001–024. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/edukasi.v5i2.287

Ritonga, M. (2020). Learning From Home (LFH) dan Kerinduan yang Mendalam. In Inovasi Pembelajaran Era Covid-19 Pengalaman & Pengamatan Selama Pandemi Covid19 (pp. 80–83). Cv Markumi.

Ritonga, M., Lahmi, A., Rimelfi, Bahri, F., & Bagindo, I. T. (2020). Sosialisasi Pembuatan Soal Melalui Google Form dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 347–354. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.456

Ritonga, M., Nazir, A., & Wahyuni, S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/a.v3i1.2879

Ritonga, M., Nazir, A., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi dalam dialektika Revolusi Industri 4.0 [Development of Arabic language learning Model based on information Technology & Communication in dialectic Industrial Revolution (Bambang, I. Naska, & F. Alrasi (eds.); Januari). Deepublish.

Suryani, N. (2016). Utilization of Digital Media to Improve The Quality and Attractiveness of The Teaching of History. Proceeding The 2ndInternational Conference On Teacher Training and Education Sebelas Maret University, 2(1), 131–144.

Susanti, E., Ritonga, M., & Bambang, B. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(1), 179–191. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1406




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2311

Article Metrics

Sari view : 2693 times
PDF - 5435 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter