PEMANFAATAN MEDIA INFORMASI TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH DASAR

Resmi Perwita

Sari


Proses pembelajaran merupakan penyampaian informasi dari guru kepada siswa. Informasi yang disampaikan dalam bentuk ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap. Agar bahan ajar tersampaikan dengan baik dan cepat dipahami oleh siswa maka diperlukan media untuk membantu guru dalam memberikan materi kepada siswa. Pelajaran pendidikan agama islam merupakan pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia karena berkaitan dengan kehidupan di akhirat. Media TIK dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan media TIK pada materi cerita percontohan Nuh (a) melalui tayangan video contoh Nuh as. Penggunaan media TIK dalam pembelajaran memahami cerita teladan Nuh memudahkan siswa dalam memahami cerita teladan Nuh serta siswa merasa senang dan nyaman dalam belajar. Sehingga kualitas pembelajaran pendidikan agama islam dapat ditingkatkan dengan pemberdayaan media TIK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui media IKT yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam pada materi contoh cerita nabi nuh di SDN 08 enam kabupaten Padang Pariaman. Dari hasil observasi terlihat terjadi perubahan dari nilai 57.07 menjadi 76.72. Pemanfaatan media TIK dalam pelajaran pendidikan agama islam dalam cerita teladan nuh semakin meningkat. Peningkatan yang terlihat adalah peningkatan hasil belajar, proses pembelajaran, serta sikap siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprianto, Ritonga, M., Marlius, Y., & Nusyur, R. (2020). The Influence of Using Audio- lingual Method on Students’ Speaking Skill in Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyyah. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(2), 149–162. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jiz.v3i2.12514

Busmayaril, & Umairoh, E. (2018). Mengatasi Perilaku Membolos Peserta Didik Menggunakan Konseling Individual. Konseli (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 05(1), 35–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/kons.v5i1.2659

Darling-hammond, L., Flook, L., Cook-harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791

Hakim, R., Khadijah, Ritonga, M., Susanti, W., & Rahmi. (2020). Institute Quality Improvement Through Management Training of Accreditation Preparation in TK Aisyiyah Bustanul Athfal Padang. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 449 Proceedings ofthe International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2019), 44(Icece 2019), 55–65. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.012

Hakim, R., & Ritonga, M. (2018). A Study of Religion Education Method With Multicultural Insight. International Seminar on Islamic Education (ISIE 2018) Faculty of Islamic Religion, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, July 07th, 2018, Isie 2018, 81–97.

Hotmaida, Ritonga, M., & Mursal. (2020). Islamic Religious Education Learning at Elementary Schools: Analysis of Teacher Competency, Strategy and Outcome Quality. Ruhama : Islamic Education Journal, 3(2), 29–42. https://doi.org/https://doi.org/10.31869/ruhama.v3i2.2221

Lahmi, A., Ritonga, M., Saputra, R., Mursal, Ayu, S., Nurdianto, T., & Afdhal, S. (2020). Internet, Pesantren and Management Strategies Educational Building. International Journal of Advanced Science Research, 29(4), 2827–2836. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/23459/12133

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Putri, M. S., Daharnis, & Zikra. (2017). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Membolos Siswa. Konselor, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.24036/02017616441-0-00

Ratheeswari, K. (2018). Information Communication Technology in Education. Journal of Applied and Advanced Research, 3(Suppl.1), 45–47.

Ritonga, M. (2017). Desain Bahan Ajar Bahasa Arab Sains dengan Pendekatan Whole Language. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 001–024. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/edukasi.v5i2.287

Ritonga, M., Nazir, A., & Wahyuni, S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/a.v3i1.2879

Ritonga, M., Nazir, A., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Dialektika Revolusi Industri 4.0. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=OEXYDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&ots=sbr9Fjm__t&sig=gqKsqW7fcokp_ya5MQd1zMZfQGE&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Sartika, F., & Ritonga, M. (2020). Ta’tsir Isti’mal al-Wasa’il al-Sam’iyyah al-Bashariyyah “Ala Nataij Ta’lim Mufradat al-Lughah al-’Arabiyyah Lilfashl al-Rabi” fi al-Madrasah al-Ibtida’iyah al-Islamiyyah al-Hukumiyyah Parambahan Lambasi Payakumbuh. Alfazuna, 4(2), 144–154. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/alfazuna/article/view/592/261

Subijanto. (2019). Perceptions of Workplace, Principal, and Productive Teachers on Students’ Work Readiness in SMK Negeri 5 Surabaya Indonesia. Jurnal PTK: Research and Learning in Vocational Education, 2(4), 125–133.

Sukasni, A., & Efendy, H. (2017). The Problematic of Education System in Indonesia and Reform Agenda. International Journal of Education, 9(3), 183–199. https://doi.org/10.5296/ije.v9i3.11705

Suprayogi, M. N., & Valcke, M. (2016). Differentiated Instruction in PrimarySchool: Implementation and Challenges in Indonesia. PONTE International Scientific Researchs Journal, 72(6), 1–18. https://doi.org/10.21506/j.ponte.2016.6.1

Susanti, E., Ritonga, M., & Bambang, B. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(1), 179–191. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1406

Tisnelly, Ritonga, M., & Rasyid, A. (2020). The Competency of Islamic Education Teachers in Madrasah Ibtidaiyah 1 West Pasaman After Certification. Ruhama: Islamic Education Journal, 3(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.31869/ruhama.v3i1.1940

Zulfikar, T. (2009). The Making of Indonesian Education: An Overview on Empowering Indonesian Teachers. Journal of Indonesian Social Sciences and Humanities, 2, 13–39. http://www.kitlv-journals.nl/index.php/jissh/index URN:NBN:NL:UI:10-1-100135




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2309

Article Metrics

Sari view : 1067 times
PDF - 1189 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter