PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DISERTAI TEKA-TEKI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP

Nia Rusni Yurnalis Yurnalis

Sari


Hasil belajar merupakan pencapaian kompetensi yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Hasil belajar yang baik menunjukkan bahwa pembelajaran telah berjalan dengan baik. Namun, berdasarkan wawancara yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 4 Padangpanjang menunjukkan bahwa hasil belajar matematika yang diperoleh siswa masih jauh dari memuaskan. Hal ini terjadi karena pembelajaran belum mampu membuat siswa tertarik untuk belajar. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan model Quantum Teaching disertai teka-teki matematika. Sehingga diadakan penelitian dengan menerapkan model Quantum Teachingdisertai teka-teki matematika pada pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 4 Padangpanjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada ranah kognitif dalam pembelajaran matematika.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Padangpanjang Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswanya 32 orang dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswanya 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir. Teknik analisis data dalam skripsi ini adalah hasil belajar pada ranah kognitif matematika siswa.
Analisis data tes dilakukan dengan menggunakan uji- t. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf kepercayaan 95% (๐‘Ž=0,05) dan derajat kebebasan 70 diperoleh harga ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” =2,1917 dan ๐‘ก(0,95;62) =1,6698 . Karena nilai ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” >๐‘ก(0,95;62) berarti ๐ป0 ditolak dan ๐ป1 diterima dengan demikian hasil belajar pada ranah kognitif matematika siswa yang mengikuti penerapan model Quantum Teaching disertai teka-teki matematika lebih baik daripada siswa yang mengikuti tanpa penerapan model Quantum Teaching disertai teka-teki matematika pada kelas VII SMP N 4 Padangpanjang tahun pelajaran 2019/2020.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineke Cipta

DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2001. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, a.b Alwiyah Abdurrahman. Bandung:Kaifa.

DePorter,Bobbi.,Reardon, Mark., & Singer-Nouri,Sarah.2014. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas,Terjemahan Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2307

Article Metrics

Sari view : 200 times
PDF - 163 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter