PRAKTIKALITAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PETA KONSEP PADA MATA KULIAH TEORI PEMBELAJARAN BAHASA DAN IBM MAHASISWA PROGRAM STUDI PBSI FKIP UMSB

Mimi Sri Irfadila

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kepraktisan dan keefektifan bahan ajar Teori Pembelajaran Bahasa dan IBM yang dikembangkan berdasarkan peta konsep. Tujuan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengembangan analisis masalah dan teori pembelajaran bahasa. Dengan demikian, hasil belajar mata kuliah Teori Pembelajaran Bahasa dan IBM dapat diselesaikan. Metode penelitian ini tergolong penelitian pengembangan dengan model McKenny yang terdiri dari tiga tahapan yaitu premilinary, prototype, dan assessment. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester genap Program Studi PBSI tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian meliputi lembar / pedoman wawancara, lembar validari bahan ajar, angket, dan tes hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis pendahuluan (validitas, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan (untuk data kualitatif), kemudian menganalisis keabsahan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan bahan ajar rata-rata menurut ahli yaitu 75% pada kategori praktis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung. Suryaningsih, Nunik Setiyo. 2010. Pengembangan media cetak modul sebagai media pembelajaran mandiri pada mata pelajaran teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VII semester 1 di SMPN 4 Jombang. Surabaya: Skripsi yang tidak dipublikasikan. Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Rajawali Pres. Pribadi, B. A. (n.d.). Implementasi Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) dalam Program Tutorial Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru, Puspasari, E. 2016. NOSI Volume 4, Nomor 3, Agustus 2016. Halaman | 396, 4. Hardanti, E. K. 2016. Peta Konsep pada Materi Gelombang Elektromagnetik Kelas XI SMAN 1 Dolopo Kabupaten Madiun, 5(2), 64–70. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta. Purwanto, N. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2305

Article Metrics

Sari view : 405 times
PDF - 965 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter