PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT MELALUI WORKSHOP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DI SD NEGERI 02 BATU PAYUANG KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.
Davis, K. S. 2003. “Change is hard”: What science are telling us about reform dan teacher learning of innovative practises. Science and Education, 87(1), 3-30.
Departemen Pendidikan Nasional, 2004. Model-Model Pengajaran dalam Pembelajaran Sains, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. 1990. How to design and evaluate research in education. San Francisco: Mc. Graw-Hill Pub. Co.
Hinduan, A. A. 2005. Meningkatkan Profesionalisme Guru IPA di Sekolah. Makalah disajikan dalam seminar nasional pendidikan IPA II, Bandung, 23 Juli 2005
Mellado, V. 1998. The classroom practise of preservice teacher and theircinception of teaching and learning. Science education, 82, 197-214
Oser, F., & Patry, J. L. 1990. Choreographien Unterrichtlichen Lernens: Basismodelle des unterrichts [Choreographies of teaching and learning: Basic models of teaching]. Freiburg: Paedagogisches Institut der Universitaet Freiburg.
Purwanto, M. Ngalim. 1987. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Rizqa, A, 2006. Penerapan Stragi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament, Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII B di SMA Negeri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2005/ 2006. Skripsi Program Studi Biologi FKIP ; UIR Pekanbaru
Roseno, Arjanggi dan Titin, Suprihartin. 2010. Metode pembelajaran teman sebaya meningkatkan hasil belajar berdasarkan regulasi diri. Jurnal Makara Sosial Vol. 14 No. 2 Desember 2010:91-97.
Rustaman, N., Widodo, A., Anggraeni, S. Junaengsih, N. (2005). Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Piloting Biologi. FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.
Saito, E. 2004. Indonesianlesson study in practice: case study of IMSTEP. Paper disajikan dalam workshopbagi guru-guru Matematika dan sains. Bandung.
Stigler, J. W., & Hibert, J. 1999. The Teaching Gap : Best Ideas from The World’s Teachers for Improving Education in the Classroom. New York: the free Press.
Sudjana, 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung.
Suryani, 2004. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas II MA YLPI Bengkalis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan Transportasi pada Tumbuhan, Skripsi Program Studi Biologi FKIP UNRI Pekanbaru.
Widodo, Yeti Sumiati & Cucu Setiawati. 2006. Peningkatan Kemampuan Murid SD Untuk Mengajukan Pertanyaan Produktif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. (in print).
Widiya, A. 2006. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Yipe Jizsaw Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII F SMPN Negeri I Bangkinang Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2005/2006. Skripsi Program Studi Biologi FKIP. UIR Pekanbaru.
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2304
Article Metrics
Sari view : 195 timesPDF - 144 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-