PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT MELALUI WORKSHOP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DI SD NEGERI 02 BATU PAYUANG KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN

Maskomal Maskomal

Sari


Penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) melalui workshop untuk meningkatkan kemampuan guru di SD Negeri 02 Batu Payuang diharapkan dapat meningkatkan aktifitas peserta dalam kegiatan dan dapat peningkatan kualitas pembelajaran. Rancangan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dengan dua kali siklus workshop, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Alat pengumpulan data dengan lembar observasi kegiatan workshop dan pelaksanaan pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai adalah kemampuan peserta, meranang RPP, dan penerapan dalam pembelajaran. Dari hasil penelitan pada siklus I diperoleh rata-rata hasil kemampuan guru mengikuti workshop 66,6%, rata-rata jumlah guru yang mampu merancang RPP 62,5%, rata-rata perolehan nilai guru dalam penerapan pembelajaran 72,36% sedangkan pada siklus II, rata-rata hasil kemampuan guru mengikuti workshop 75%, rata-rata jumlah guru yang mampu merancang RPP 78,5%, rata-rata perolehan nilai guru dalam penerapan pembelajaran 82,23%. Hasil pada silkus II menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang dirumuskan sebesar 75% telah tercapai bahkan terlampaui. Hal ini memberi arti bahwa workshop yang dilakukan ternyata mampu meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran menerapkan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dan melampaui indikator pencapaian.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.

Davis, K. S. 2003. “Change is hard”: What science are telling us about reform dan teacher learning of innovative practises. Science and Education, 87(1), 3-30.

Departemen Pendidikan Nasional, 2004. Model-Model Pengajaran dalam Pembelajaran Sains, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. 1990. How to design and evaluate research in education. San Francisco: Mc. Graw-Hill Pub. Co.

Hinduan, A. A. 2005. Meningkatkan Profesionalisme Guru IPA di Sekolah. Makalah disajikan dalam seminar nasional pendidikan IPA II, Bandung, 23 Juli 2005

Mellado, V. 1998. The classroom practise of preservice teacher and theircinception of teaching and learning. Science education, 82, 197-214

Oser, F., & Patry, J. L. 1990. Choreographien Unterrichtlichen Lernens: Basismodelle des unterrichts [Choreographies of teaching and learning: Basic models of teaching]. Freiburg: Paedagogisches Institut der Universitaet Freiburg.

Purwanto, M. Ngalim. 1987. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rizqa, A, 2006. Penerapan Stragi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament, Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII B di SMA Negeri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2005/ 2006. Skripsi Program Studi Biologi FKIP ; UIR Pekanbaru

Roseno, Arjanggi dan Titin, Suprihartin. 2010. Metode pembelajaran teman sebaya meningkatkan hasil belajar berdasarkan regulasi diri. Jurnal Makara Sosial Vol. 14 No. 2 Desember 2010:91-97.

Rustaman, N., Widodo, A., Anggraeni, S. Junaengsih, N. (2005). Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Piloting Biologi. FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.

Saito, E. 2004. Indonesianlesson study in practice: case study of IMSTEP. Paper disajikan dalam workshopbagi guru-guru Matematika dan sains. Bandung.

Stigler, J. W., & Hibert, J. 1999. The Teaching Gap : Best Ideas from The World’s Teachers for Improving Education in the Classroom. New York: the free Press.

Sudjana, 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung.

Suryani, 2004. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas II MA YLPI Bengkalis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan Transportasi pada Tumbuhan, Skripsi Program Studi Biologi FKIP UNRI Pekanbaru.

Widodo, Yeti Sumiati & Cucu Setiawati. 2006. Peningkatan Kemampuan Murid SD Untuk Mengajukan Pertanyaan Produktif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. (in print).

Widiya, A. 2006. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Yipe Jizsaw Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII F SMPN Negeri I Bangkinang Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2005/2006. Skripsi Program Studi Biologi FKIP. UIR Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2304

Article Metrics

Sari view : 190 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter