PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS X IIS 2 SMA NEGERI 1 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA TAHUN AJARAN 2015/2016

Kaharudin Kaharudin

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Ekonomi dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X IIS 2 SMAN 1 Sitiung tahun ajaran 2015/2016 dan seorang guru pengamat. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Hasil pada siklus I belum menunjukkan aktivitas yang berarti, sehingga dilanjutkan siklus II. Pada siklus II terdapat 85% siswa yang sudah mampu memenuhi indikator ukuran penilaian. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru Ekonomi lainnya untuk menggunakan metode Jigsaw ini, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan memperoleh hasil yang memuas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.M. Sardiman.2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Arikunto,S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta

Dimyati, dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran.Rineka Cipta: Jakarta

Dzaki, M. Faiq. 2009. Aktivitas Belajar Pada Model Pembelajaran Kooperatif [internet]. [diacu 2017 Jan 3]. Tersedia dari: http:penelitiantindakankelas.blogspot.co.id/2009/03/aktivitas-belajar-pada-model.html

Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionaliisme Guru. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Slamet Sukamto. dkk 2007. Ekonomi SMA/MA kelas X. Yudhistira; Jakarta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset Dan Praktik. Nusa Media: Bandung.

Sudjana. 1996. Teknik Analisis Regresi Dan Korelasi. Tarsito: Bandung




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2302

Article Metrics

Sari view : 213 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter