PENINGKATAN AKTIVITAS BERBICARA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS XI IPS 3 SMAN 1 SITIUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hilda Hilda

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berbicara siswa dapat ditingkatkan melalui media audio visual. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri I Sitiung semester I Tahun Ajaran 2016/2017 dan seorang guru Bahasa Indonesia sebagai pengamat. Peneliti melakukan observasi awal dengan mewawancarai beberapa siswa dan mengamati kondisi sebelum melakukan penelitian. Penelitian ini merupakan kelanjutan dari peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan berbagai model. Dari hasil obeservasi awal diketahui bahwa kemampuan berbicara siswa kurang baik, sehingga perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I, peneliti menemukan hasil obeservasi yang kurang baik dan proses pembelajaran yang kurang efektif. Peneliti melanjutkan kegiatan penelitian pada siklus kedua. Dari pengamatan selama siklus II, terlihat bahwa kemampuan berbicara siswa meningkat lebih baik dari siklus I.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djamarah. 2001. Motivasi Belajar Mengajar. Rennika Cipta: Jakarta

Hamalik, Oemar. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan Tarsito: Bandung Haryadi dan Zamzani. 2000. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Poerwadaminta. 1996. Teknik Evaluasi Pendidikan. Tarsito: Bandung.

Resmini, Novi. Juanda, Dadan. 2008. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press. Resmini, Novi. Juanda, Dadan. 2009. Pembinaan Dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press. Rofiudin, A. Zuhdi, D. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud. Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo

Sofian. 2010. Pemanfaatan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN 3 Jambi. Makalah Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.

Sukri. 2014. Video Sebagai Media Pembelajaran. Lsd.telkomuniversity.ac.id

Sutirman. 2013. Media dan Model Pembelajaran. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Suyanto. 2001. Proses Belajar Mengajar. Rinneka Cipta: Jakarta.

Tarigan, Henry Guntur. 1983. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan. 1998. Keterampilan Berbicara. Angkasa: Bandung. Wendra, I Wayan. 2009. Buku Ajar Keterampilan Berbicara. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2301

Article Metrics

Sari view : 199 times
PDF - 166 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter