PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE PERMAINAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Desi Rahmi

Sari


Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning metode permainan. Setelah ditetapkannya tujuan penelitian, maka Classroom Action Research ini dilaksanakan di kelas XI IIS 4 SMANegeri 1 Sitiung yang terletak di Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, mengikuti langkah-langkah: Perencanan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus satu menggambarkan bahwa peserta didik yang mencapai nilai tuntas meningkat menjadi 61,13% yang semula hanya 38,7% pada pra siklus. Kenaikan pesentase peserta didik yang tuntas di siklus dua meningkat menjadi 77,42%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azizah, Nur. 2017. Menulis PTK 4 X 2 Jam For Beginer Teachers. Pati: Fire Publisher (SaguSaku)

Departemen Pendidikan Nasional, 2004. Model-Model Pengajaran dalam Pembelajaran Sains, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Jiannuriah.blogspot.co.id. 2017. Didownload tanggal 26 Oktober 2017. Penerapan Teori Belajar Dienes Yakni Metode Permainan Dalam Pembelajaran Matematika.

Muliyardi. 2002. Strategi Pembelajaran Matematika. Padang : FMIPA Universitas Negeri Padang.

Nana Sudjana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo

Roseno, Arjanggi dan Titin, Suprihartin. 2010. Metode pembelajaran teman sebaya meningkatkan hasil belajar berdasarkan regulasi diri. Jurnal Makara Sosial Vol. 14 No. 2 Desember 2010:91-97.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Wardhani, IGAK. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka

Warsono. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung : Remaja Rosdakarya

Widiya, A. 2006. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Yipe Jizsaw Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII F SMPN Negeri I Bangkinang Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2005/2006. Skripsi Program Studi Biologi FKIP. UIR Pekanbaru.

Yusuf. 2005. Proses dan Hasil Belajar Biologi Pokok pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. http://www.damandiri.or.id/detail php.id238

Zulfan, S. 2001. Metode Penelitian. UNRI Press Pekanbaru.

www.academia.edu. 2017. Didownload tanggal 26 Oktober 2017. Metode Pembelajaran Matematika Bermain Sambil Belajar Penemuan Dalam Matematika.

http//www.ekaikhsanudin.net. 2017. Didownload tanggal 26 Oktober 2017. Model Pembelajaran Discovery Learning.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2299

Article Metrics

Sari view : 465 times
PDF - 743 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter