ANALISIS PENGGUNAAN KOHESI DAN KOHERESI KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PADANG PANJANG

Laila Fitri Nova Safira

Sari


Penelitian ini membahas kohesi dan koherensi dalam karangan eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Padangpanjang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan jenis-jenis kohesi dan koherensi dalam karangan eksposisi siswa kelas X SMK N 2 Padangpanjang, (2) mendeskripsikan pemakaian kohesi dan koherensi dalam karangan eksposisi siswa kelas X SMK N 2 Padangpanjang.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa karangan eksposisi siswa kelas X SMK N 2 Padangpanjang. Data penelitian ini berupa kohesi dan koherensi dalam karangan eksposisi para siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentasi atau mengumpulkan dokumen yang merupakan karangan eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Padangpanjang. Data yang terkumpul diidentifikasi, kemudian dianalisis jenis-jenis kohesi dan koherensi.
Hasil penelitian dalam skripsi ini, dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, kohesi yang ditemukan dalam karangan eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Padangpanjang yaitu kohesi leksikal, gramatikal dan koherensi sebanyak 21 kalimat. Kohesi leksikal yang ditemukan yaitu repetisi, sinonimi, antonimi, dan hiponimi. Kohesi gramatikal yang ditemukan yaitu referensi, substitusi, dan konjungsi. Koherensi yang ditemukan dalam karangan eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Padangpanjang yaitu koherensi kausalitas, aditif, rincian, temporal, dan kronologis. Kedua, kohesi dan koherensi yang cenderung digunakan dalam karangan eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Padangpanjang yaitu kohesi konjungsi dan repetisi serta koherensi kausalitas. Berdasarkan hal tersebut, secara umum dapat disimpulkan bahwa penggunaan kohesi, baik kohesi gramatikal maupun leksikal dan penggunaan koherensi pada karangan siswa kelas X SMK N 02 Padangpanjang memiliki peran yang sangat baik dalam pembentukan kata atau kalimat sebuah karangan, sehingga karangan dapat tersusun secara kohesi dan koherensi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, Hasan dkk .2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Baryadi,Pratomo. 2011. Dasar-Dasar Analisis Wacana Dan Ilmu Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Ghodo Suli..

Eriyanto, 2011. Analisis Wacna. Yogyakarta. Lkis Yogyakar

Keraf, gorys. 2008. Eksposisi. Jakarta: grasindo

Moleong, Lexi J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Semi, MA. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: angkasa.

Suladi, dkk. 2013. Kohesi Dalam Media Massa Cetak Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2239

Article Metrics

Sari view : 397 times
PDF - 322 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter