PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DIKELAS IX E SMP NEGERI 1 LAREH SAGO HALABAN

Krisnamurti Krisnamurti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT pada materi Listrik Statis di kelas IX E SMP Negeri 1 Lareh Sago Halaban . Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah kelas IX.E dengan jumlah siswa 29 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan instrumen penelitian siklus I danII masing-masing terdiri dari 4 soal berbentuk uraian . Dari hasil penelitian, rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 71,15 dengan ketuntasan 60 % dan siklus II sebesar 80,13 dengan ketuntasan 78 % (KKM 70 ). Persentase pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 sebesar 100% dan siklus II sebesar 100%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Listrik Statis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Eka Prihatin , 2013 ,Guru Sebagai Fasilitator , PT Karsa Mandiri Persada ,Bandung

Enjah Takari , 2008 , Penelitian Tindakan Kelas ,edisi 1 ,PT Ganesindo, Bandung

Prof.Pupuh Fathurrohman ,2007 , Strategi Mengajar Mengajar ,PT Refika Aditama ,Bandung

Siti Zubaidah dkk , 2017, Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam , edisi 2 ,Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ,Jakarta

Prof,Suyanto,Ph.D , 2013 , Menjadi Guru Profesional Stategi Meningkatkan Kualitifikasi dan Kualitas Guru di Era Global .Jakarta

Wartono dkk , 2004 ,Materi Pelatihan berintegritas Mata Pelajaran Sains ,Departemen Pendidikan Nasional , Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2238

Article Metrics

Sari view : 200 times
PDF - 141 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter