PROBLEMATIKA PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VII SMP DI KECAMATAN RAMBAH HILIR

Nurul Afifah, Darmin Sayuti, Pramono

Sari


This research purposed on knowing the set of problems on curriculum 2013 implementation in biology learning process in VIIth grade junior high school in Rambah Hilir subdistrict. This research has been done from July until December 2015. The method that has been use is descriptive qualitative with questionnaire. Populations and samples of this research are 6 teachers from 11 schools. The result of this research gained from questionnaire data analysis with 87,97% average percentage with very good criteria. The set of problems the VIIth grade junior high school teachers in Rambah Hilir subdistrict deal with on curriculum 2013 implementation in biology learning process are availability of books and supporting infrastructure that not quite enough, very short in time coaching, limited media utilizing and the very hard appraisal that also needs a lot of time.

 

Key Word: descriptive qualitative, curriculum 2013, The set of problems

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Evanita, E. K. 2013. Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kesiapan Guru Sekolah Menengah Atas dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Fitriany, R. A. M dan H. Susilo. 2014. Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Biologi Dan Cara Pemecahannya Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Bagi Guru Kelas X SMA Negeri Se-Kota Lamongan. Jurnal Pendidikan Biologi: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Haryana, G dan Gimin. 2015. Hambatan yang Dihadapi Guru SMA dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Kota Pekanbaru. Pekbis Jurnal. 7 (2): 146-151).

Hidayat, S. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kartimi, E, Chandra, I dan Rosdiana. 2014. Pengembangan Kurikulum Jurusan Tadris IPA Biologi Iain Syekh Nurjati Cirebon dalam Mengantisipasi Penerapan Kurikulum

Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhikmah. 2011. Keterlaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Pembelajaran Matematika Di SMA. Skripsi. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

Permendikbud. 2013. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud. 2013. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar

Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud. 2013b. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

PISA. 2012. Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. Programme for International Student Assessment: OECD.

Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Subkhan, K. dan Susilowati, S. M. E. 2015. Praktik Terbaik Pembelajaran IPA Sesuai Kurikulum 2013: Studi Kasus Sekolah Pilot SMPN 1 Magelang. Unnes Journal of Biology Education. 4 (1): 60-69.

Sudijono, A. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sukmadinata, N. S. 2008. Pengembangan kurikulum: Teori dan praktek. Bandung: Rosdakarya.

Yulianti. 2014. Tingkat keterlaksanaan implementasi kurikulum 2013 Dalam pembelajaran Biologi SMA Negeri di Kabupaten Dompu tahun ajaran 2013/2014. Artikel. Program Studi Pendidikan Biologi: FMIPA Universitas Mataram.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v1i17.198

Article Metrics

Sari view : 345 times
PDF - 347 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter