megasarimartin88@gmail.com PENERAPAN TEKNIK COPY THE MASTER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PADANGPANJANG

Megasari Martin Cyndi

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran menulis teks biografi yang dilakukan di SMA Negeri 3 Padang Panjang yang belum menggunakan teknik pembelajaran yang bervariasi. Hal ini juga disebabkan kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X masih di bawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Penerapan Teknik Copy the Master dalam menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design dengan teknik purposive sample. Sampel pada penelitian ini berjumlah 36 orang yang diambil dari sebagian populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dalah tes unjuk kerja. Teknik analisis data yaitu : 1) membaca dan mengoreksi hasil tulisan siswa sesuai dengan indikator, 2) memberi dan mencatat skor, 3) mengubah skor menjadi nilai, 4) mengklasifikasikan, 5) menentukan nilai rata-rata hitung, 6) mendeskripsikan hasil tes, 7) uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan teknik Copy the Master tepat secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 3 Padang Panjang. kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X MIPA 3 SMAN 3 Padangpanjang sebelum penerapan teknik copy the master secara umum tergolong Cukup (C) karena rata-rata hitung (M) berada pada rentang 56-65% (60,58). kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X MIPA SMAN 3 Padangpanjang sesudah penerapan teknik copy the master secara umum tergolong Baik (B) karena rata-rata hitung (M) berada pada rentang 71,4-100% (82,36).Secara statistik menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel atau (8,78 > 1,69), maka H0 ditolak, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian teknik Copy the Master dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks biografi.

Teks Lengkap:

XML


DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v6i2.1898

Article Metrics

Sari view : 162 times
XML - 297 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter