EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X

YURNALIS YURNALIS

Sari


Penggunaan sistem penilaian yang kurang tepat yaitu guru hanya terpaku pada buku nilai yang berdasar pada nilai ulangan harian, nilai tengah semester dan nilai akhir semester. Kesulitan yang dialami dikarenakan kurangnya pemahaman dan kekurang tertarikan peserta didik pada pelajaran matematika. Peserta didik juga belum mampu mencapai hasil belajar yang sesuai dengan KKM yang di harapkan. Hal ini salah satunya disebabkan oleh Salah satu penerapan model penilaian yang disarankan adalah penerapan penilaian berbasis portofolio.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Hasil belajar matematika pada ranah afektif siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis portofolio dalam pembelajaran matematika kelas X SMK Cendana Paadangpanjang? (2) Hasil belajar matematika siswa pada ranah psikomotor setelah diterapkan model pembelajaran berbasis portofolio dalam pembelajaran matematika kelas X SMK Cendana Padangpanjang?, (3) Mengetahui apakah model pembelajaran berbasis portofolio efektif untuk meningkatkan belajar matematika siswa kelas X SMK Cendana Padangpanjang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pre-test Post-test Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar yang merupakan salah satu jenis tes yang digunakan untuk mengukur perkembangan atau kemajuan belajar peserta didik, setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dan lembar observasi hasil belajar siswa pada ranah afektif serta ranah psikomotor.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis untuk hasil belajar siswa ranah kognitif diperoleh thitung> ttabel, yaitu 3,738 > 1,699 yang berarti bahwa H_0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis portofolio efektif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas X.
Kata kunci : model pembelajaran berbasis portofolio, hasil belajar peserta didik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakte . Bogor : Ghalia Indonesia.

Mendiknas. 2005. Standar Nasional Pendidikan, Kompetensi, Jakarta: Permendiknas

Sudjana, Nana,. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Surabaya : Pustaka Pelajar.

Taniredja, Tukirman dkk. 2014. Model – Model Pembelajaran Inovatif dan Kreatif. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter