PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PASAMAN

MELIA ROZA

Sari


Pemahaman konsep matematika SMPN 1 Pasaman masih belum efektif dikarenakan kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal-soal.Salah satu tindakan yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvesional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pasaman.Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design.Populasi dalam penelitian ini adalah VIII2, VIII3, VIII4, dan VIII5.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII3 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman matematika siswa yang diperoleh dari tes akhir kedua kelas sampel setelah penerapan Model Pembelajaran Quantum Teachingdi kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol.Untuk pengujian hipotesis diperoleh yaitu 5,99 >2,02artinya H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa “Pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvesional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pasaman”.
Kata kunci :Quantum Teaching; Pemahaman konsep matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: RinekaCipta

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: RinekaCipta

Depdiknas.2006. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 22, 23, 24. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

DePorter, Bobbi. 2003. Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Teaching di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Suherman, Erman dan dkk. 2003. Strategi pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung. UPI

Suryabrata, Sumadi. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v6i1.1570

Article Metrics

Sari view : 191 times
PDF - 224 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter