PENGUATAN SIKAP RELIGIUS MELALUI MIND MAP GRAVITASI BERNUANSA HIKMAH PADA MEKANIKA

LETMI DWIRIDAL

Sari


Permendikbud 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada satuan pendidikan formal dan Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional untuk Pendidikan Tinggi, hingga sikap "taat kepada Tuhan yang maha kuasa dan harus bisa bersikap religius".Berlatarbelakang masalah refleksi awal bahwa belum optimal sikap religius mahasiswa yang terkait dengan pemahaman fisika. Penelitian ini bertujuan untuk penguatan sikap religius melalui analisa fisika gravitasi dengan pembuatan Mind Map bernuasa hikmah pada perkuliahan mekanika. Metode penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis & Taggart. Tahapan penelitian : perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Materi mekanika partikel dan sistem partikel dengan konsep utama "gravitasi".Instrumen berupa penilaian aktivitas pembuatan lembar Mind Map gravitasi dan penguatan sikap religius.Populasi adalah mahasiswa yang telah mengikuti kuliah mekanika tahun akademik 2017/2018. Teknik pengambilan sampel termasuk cluster Random sampling.Data bersifat kualitatif.Teknik analisis data dengan persentase, dihitung sesuai jumlah indikator pada instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mind Map gravitasi bernuansa hikmah dapat menumbuhkan penguatan sikap religius pada perkuliahan mekanika. Kategori sikap religius "Sangat Dimiliki" mengalami kenaikan rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II sebesar 34.56 %, dimana 36.67 % di siklus I naik menjadi 71.23 % di siklus II. Peningkatan ini dapat diartikan bahwa telah terjadi penguatan sikap religius mahasiswa setelah mempelajari mekanika gravitasi.
Kata kunci: mekanika, gravitasi, sikap religius

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Qur’an Dan Terjemahannya, (1999), Jakarta, Departemen Agama Republik Indonesia.

Arikunto,S.2006.Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR),Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Baiquni, A,1997, Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan Kealaman, Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa

Buzan,2007,Buku pintar Mind Map untuk anak, Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama.

Dwiridal.L,2013, Analisis parameter elastisitas batuan gempabumi Sumatera tahun 1995-2010 dengan metode Wadati , Prosiding Seminar Nasional bidang Fisika, Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat BKS PTN (Sumatera, Jawa, Kalimantan),ISBN : 978-602-98559-2-0.

Dwiridal,L2017, Upaya menumbuhkan sikap religius dengan mind map bernuansa hikmah gravitasi pada mekanika , Prosiding Seminar Nasional Bidang Fisika, Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat BKS PTN (Sumatera, Jawa, Kalimantan),ISBN : 978-602-50593-08.

Dwiridal,L 2012, Analisis parameter elastisitas batuan dengan metoda Wadati untuk data gempabumi 1995-2005, jurnal Eksakta Volume 1 tahun XIII, Februari 2012, Universitas Negeri Padang, ISSN 1411-3724

Lufri,2009, Pendidikan dan pembelajaran biologi bernuansa IESQ, Universitas Negeri Padang, Press

Permenristekdikti,2015,Lampiran Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 44 tahun 2015, Tentang Standar nasional pendidikan, Jakarta, Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi

Permendikbud,2018, Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada satuan pendidikan formal, Jakarta, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sudjana,N, 2010, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Sinar Baru Algensindo, Bandung

Supriyono,2003,Strategi Pembelajaran Fisika, Universitas Negeri Malang, Malang.

Trianto, 2012, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta, Bumi Aksara.

Triyanta, Alexander, 2000, Mekanika, Quality For Undergraduate Education (QUE) Project Departement of Physics Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Institut of Tecnology Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter