STRATEGI INKLUSI DALAM BERITA KRIMINALITAS TEMA PERKOSAAN SURAT KABAR HARIAN PAGI POSMETRO PADANG: Kajian Analisis Wacana Kritis Perspektif Theo Van Leeuwen

ERMI ROSMITA

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk (a) mendeskripsikan strategi inklusi dalam berita kriminalitas tema perkosaan surat kabar Harian Pagi Posmetro Padang yang merupakan kajian analisis wacana kritis perspektif Theo Van Leeuwen dan (b) mendeskripsikan proses pemarjinalan seseorang/kelompok dalam berita kriminalitas tema perkosaan surat kabar Harian Pagi Posmetro Padang yang merupakan kajian analisis wacana kritis perspektif Theo Van Leeuwen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah berita kriminalitas yang memuat kasus perkosaan dalam surat kabar Harian Pagi Posmetro Padang. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang dilengkapi dengan lembaran pencatatan data. Data yang digunakan dalam penelitian dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis (analisis isi) dengan menggunakan model analisis wacana Theo Van Leeuwen. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa (a) strategi inklusi yang digunakan dalam berita kriminalitas tema perkosaan surat kabar Harian Pagi Posmetro Padang, diantaranya (1) objektivasi – abstraksi, (2) kategorisasi, (3) identifikasi, (4) determinasi, dan (5) individualisasi dan (b) pemarjinalan selalu terjadi pada masyarakat golongan bawah dan wanita.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Eriyanto. 2009. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Ermanto. 2011. Wacana sebagai Media Perjuangan Kekuasaan. Padang: Sukabina Press.

Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Anwar Riksono Dian. 2008. Ketidakadilan dalam Informasi Kriminal (Wacana Pembandingan Aktor Berita Kriminal di Headline Surat Kabar Koran. Jurnal Ilmu Komunikasi, (Online) Volume 5, Nomor 1, Juni 2008 (http://jurnal.uajy.ac.id/jik/files/2012/05/6.-Anwar-Riksono-99-116.pdf, diakses 2 Juni 2013).

Posmetro Padang. 2013, 23 Maret. Pulang Sendirian MalamHari Bocah Dicabuli Kernet di Atas Bus. Hlm.1-2.

Posmetro Padang. 2013, 23 Maret. Setubuhi Anak Berkebutuhan Khusus Buruh Pelabuhan Babak Belur Dihajar. Hlm.1-2.

Posmetro Padang. 2013, 7 April. Ditodong Pisau, ABG Diperkosa. Hlm.1-2.

Posmetro Padang. 2013, 11 April. Pemerkosa Dijatah 11 Tahun. Hlm.6.

Posmetro Padang. 2013, 14 April. Dukun Cabul Terancam 7 Tahun. Hlm.1-2.

Posmetro Padang. 2013, 18 April. Anak Yatim Diperkosa 3 Pria. Hlm.1-2.

Posmetro Padang. 2013, 30 April. Tukang Galondong Ameh Cabuli Siswa SMK. Hlm.1-2.

Putri, Mega. 2011. Model Analisis Wacana Kritis dalam Berita Kriminalitas Keuangan Surat Kabar Harian Kompas: Kajian Analisis Wacana Perspektif The Van Leeuwen. Padang: Sukabina Press.

Sobur, Alex. 2006. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter