PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI TEKNIK INDIVIDUAL DI SD NEGERI 01 BATU PAYUANG KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN

Mardianis Mardianis

Sari


Observasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan penulis terhadap guru-guru di SD Negeri 01 Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban diperoleh Guru menyajikan pembelajaran kurang optimal menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik pasif,  sulit untuk memahami materi pembelajaran, dan rendahnya ketuntasan hasil belajar. Dari delapan orang guru, belum ada yang mengunakan media dalam pembelajaran secaca optimal. Terdapat beberapa penyebab diantaranya guru belum memberikan perhatian maksimal terhadap media pembelajaran. Masalah ini perlu diatasi dengan melaksanakan supervisi yakni supervisi teknik individual. Dilakukan penelitian untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengunaan  media pembelajaran  melalui teknik supervisi individual di SD Negeri 01 Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban. Tujuannya adalah mendeskripsikan data kemampuan guru  mengunakan media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran melalui teknik supervisi  individual dan ketuntasan belajar siswa. Penelitian berupa Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan subjek penelitian adalah guru kelas V (lima), dengan rancangan penelitian ini sebanyak dua  siklus, dimana setiap siklus terdiri dari  dua  kali pertemuan. Alat pengumpulan data berupa lembaran observasi pelaksanaan pembelajaran dan nilai ketuntasan belajar siswa.Hasil penelitian diperoleh kemampuan guru mengunakan media pembelajaran setelah diberikan tindakan  pada siklus I dengan nilai 70 (kriteria baik) dan pada siklus II nilai 90 (kriteria sangat baik)Hasil tindakan pada  silkus II menunjukkan bahwa supervisi teknik individualmeningkatkan kemampuan guru dalam mengunakan media pembelajaran sebesar 20%.  Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 56% dan pada siklus II meningkat menjadi 75%.

Kata kunci: media pembelajaran, guru, supervisi teknik individual


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aseltine,J.M dan Faryniarz J.O. 2011. Supervision for Learning: Aperformance Based Approach to Teacher Development and School Improvement. Alexandria. ASCD.

Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistim Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Djamarah, S. B. 1991. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya. Usaha Nasional

Efendi, Rustam. 2007. Pengunaan Media Komik dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VA SDNegeri 002 Pulau Kijang. Skripsi FKIP UNRI : Pekanbaru

Glickman,C.D., Gordon,S.P., and Ross-Gordon, J.M. 2007. Supervision and Instructional Leadership ADevelopment Approach. Seventh Edition. Boston: Pearson.

Latuheru. 1993 Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Kini. IKIP Ujung Pandang.

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya

Robbins,S.P.2008. The Truthabout Managing People. Second Edition. Upper Sadle River, NewJersey: Pearson Education, Inc.

Sergiovanni,T.J.1982. Supervision of Teaching. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Suherman, Erman dkk, 1988. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas pendidikan Indonesia

Sullivan, S &Glanz, J. 2005. Supervision that Improves Teaching Strategies and Techniques. Thousand Oaks, California: Corwin Press.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v6i1.1338

Article Metrics

Sari view : 179 times
PDF - 125 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter