PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS XII. IPA. 2 SMA NEGERI 1 SUNGAI TARAB

Hildawitri Hildawitri

Sari


The problem in this study is the lack of reading skills of students' understanding so that a strategy that is able to improve reading comprehension is needed. The purpose of this study was to describe an increase in reading comprehension using classroom student inquiry learning strategies 12 sains 2 high school number 1 sungai tarab. Relating to the theoretical problems used in this study are (1) the nature of reading, (2) the nature of reading comprehension, (3) inquiry learning strategy.

Research data in the form of written learning outcome test results of the student observation sheet on learning reading comprehension skills by using student inquiry learning strategies 12 sains of high schoo number 1 sungai tarab. Procedure The study was conducted in 2 cycles consisting of 4 elements namely is (1) planning, (2) action, (3) observation or observation, and (4) reflection.The subject of this study was class students 12 sains 2 high school number 1 sungai tarab 32 people.

Keywords read : reading, reasing comprehension, and inquiry learning.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurahman dan Elya Ratna. 2003. Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. (Buku Ajar). Padang: FBSS UNP.

Agustina. 2000. ”Pembelajaran Membaca”. (Buku Ajar). Padang: FBSS UNP.

Alwi, Hasan dkk. 1999. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azies, Furqanul dan Chaer Al Wasilah. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif. Bandung: Remaja Rusdakarya.

Diknas. 2006. Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA dan MA. Jakarta: Depdiknas.

Eldawati. 2008. ”Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Meringkas Isi Bacaan Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota”. Tesis: UNP Padang.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.

Hauri. 1993. ”metode Pembelajaran Inkuiri”. http://gurupkn.wordpress.com.

Kasbolah, Kasihani. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Debdikbud.

Kasim, Yuslina. 1993. ”Bahasa Teknik Pengajaran Membaca Pemahaman”. (Buku Ajar). Padang: FBSS IKIP Padang.

Keraf, Goorys. 1994. Komposisi. Flores: Percakapan Arnoldus Ende.

Munaf, Yarni. 1996. ”Kiat Membaca”. (Buku Ajar). Padang: FBSS IKIP.

Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.

Razak, Abdul. 2001. Membaca Pemahaman teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru, Riau: Autografika.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sajaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Soedarso. 2004. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia.

Suharti. 2005. ”Pelaksanaan Pengajaran Membaca Pemahaman di SMA Negeri XI Padang”. Tesis: UNP Padang.

Tarigan, Henri Guntur. 1985. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tampubolon, D P. 1987. Kemampuan Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publiser Jakarta.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v6i1.1336

Article Metrics

Sari view : 268 times
PDF - 175 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter