PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Herianti Herianti

Sari


Pengamatan yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sungai Tarab melahirkan fakta baru yang tidak memuaskan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Hasil pengamatan menemukan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh pemilihan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru mata pelajaran ekonomi. Pendekatan pembelajaran konvensional memberikan tingkat pemahaman terhadap materi yang masih rendah, hal ini terlihat pada rendahnya aktivitas belajar siswa dan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu dilakukan perbaikan dalam pemilihan metode pembelajaran yang penelitiannya dilakukan dalam dua siklus dalam rentang waktu empat kali pertemuan dengan masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setelah penelitian dilaksanakan, ternyata  diperoleh peningkatan hasil belajar siswa. Angka ini dapat memberikan gambaran bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Kontekstual, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Ghafur. Penerapan Konsep dan Prinsip Pembelajaran Konstekstual (CTL) dan DesainPesan dalam PengembanganPembelajaran dan Bahan Ajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan UniversitasNegeri Yogyakarta.

Departemen Pendidikan Nasional.2003.PelayananProfesionalKurikulum. Model Penyampaian Kurikulum.

Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. 2003.

Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Darmodjo, Hendro dan Kaligis, Jenny R E. 1991/1992. Pendidikan IPA Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

De Porte, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2000. Quantum Learning.Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat. 2002. Pedoman Usulan Penelitian Tidakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Nasution, Noehi, dan Budiastra, Ketut. 1995. Pendidikan IPA diSD.Materi Pokok PGSD Modul 7 – 12. Jakarta: Universitas TerbukaNurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contectual TeachingLearning CTL). Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat PendidikanLanjutan Pertama.

Nur, Muhamad, dkk. 1995. Pengembangan Model PBM IPA Berorientasi PKP Untuk Meningkatkan Daya Nalar Siswa Dalam Rangka Menyongsong Masyarakat IPTEKS pada Pembangunan Jangka Panjang Tahap Kedua. Laporan Penelitian Hibah Bersaing. IKIP Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v6i1.1335

Article Metrics

Sari view : 385 times
PDF - 221 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter