PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII SMAN 1 SUNGAI TARAB MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH

Bulkarnaini Nur

Sari


Penelitian ini berawal dari rendahnya partisispasi  dan hasil belajar siswa. Proses pembelajaran di kelas, masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dalam belajar.Perlunya dikembangkan metode pembelajaran yang dapat membangun keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sebagai alternatif pembelajaran yang berpusat kepada siswa.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas XII IPS 3 semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan partispasi dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu di pra siklus  rata-rata kelas 42,31,  siklus 1 rata-rata kelas 74,96 dan siklus 2 rata-rata kelas 80,77. Berdasarkan angka-angka tersebut memberikan gambaran bahwa  metode pembelajaran cooperative tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords: metode make a match, hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustakaraya

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bina Aksara

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembalajaran. Bandung:Alfaceta

Hamalik, Oemar. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Simas Barus Algesindo

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yokyakarta : Pustaka pelajar

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative earning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran.Bandung : Remaja Rosdakarya Offset

Mega Natalia, Margaretha dan Kania Islami Dewi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Tinta Emas Publishin

Muslikhah. 2010. Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yokyakarta : Interprebook

Nur Asma, 2012. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang : UNP Press

Riduwan.2005. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung : Alfabeta

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru: Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Rosda Karya

________ . 2011. Dasar-dasar Proses Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Sumiati & Asra. 2007. Metode Pembelajaran.Bandung : Wacana Prima

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif.Jakarta : Masmedia Buana Pustaka

Suyadi. 2012. Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yokyakarta:Penerbit Andi

Uno, Hamzah B & Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara

Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara

Yamin, Martinis. 2013. Paradigma Baru Pembalajaran. Jakarta : Referensi




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v6i1.1331

Article Metrics

Sari view : 350 times
PDF - 140 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter