PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII SMAN 1 SUNGAI TARAB MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH
Sari
Penelitian ini berawal dari rendahnya partisispasi dan hasil belajar siswa. Proses pembelajaran di kelas, masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dalam belajar.Perlunya dikembangkan metode pembelajaran yang dapat membangun keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sebagai alternatif pembelajaran yang berpusat kepada siswa.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas XII IPS 3 semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan partispasi dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu di pra siklus rata-rata kelas 42,31, siklus 1 rata-rata kelas 74,96 dan siklus 2 rata-rata kelas 80,77. Berdasarkan angka-angka tersebut memberikan gambaran bahwa metode pembelajaran cooperative tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords: metode make a match, hasil belajar
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustakaraya
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bina Aksara
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembalajaran. Bandung:Alfaceta
Hamalik, Oemar. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Simas Barus Algesindo
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yokyakarta : Pustaka pelajar
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative earning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran.Bandung : Remaja Rosdakarya Offset
Mega Natalia, Margaretha dan Kania Islami Dewi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Tinta Emas Publishin
Muslikhah. 2010. Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yokyakarta : Interprebook
Nur Asma, 2012. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang : UNP Press
Riduwan.2005. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung : Alfabeta
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru: Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Rosda Karya
________ . 2011. Dasar-dasar Proses Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Sumiati & Asra. 2007. Metode Pembelajaran.Bandung : Wacana Prima
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif.Jakarta : Masmedia Buana Pustaka
Suyadi. 2012. Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yokyakarta:Penerbit Andi
Uno, Hamzah B & Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara
Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara
Yamin, Martinis. 2013. Paradigma Baru Pembalajaran. Jakarta : Referensi
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v6i1.1331
Article Metrics
Sari view : 356 timesPDF - 144 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-